Saturday, 20 October 2018

Selasa Malam Batal Umumkan Menteri di Priok

Pelindo II Rugi Ratusan Juta Sewa Lampu dan Tenda

Rabu, 22 Oktober 2014 — 15:33 WIB
Foto-Ilustrasi.

Foto-Ilustrasi.

JAKARTA (Pos Kota) – Ditunggu-tunggu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak datang juga ke terminal penumpang, menyebabkan ribuan boks nasi dan makanan yang disiapkan untuk para tenaga kerja bongkar muat (TKBM) tamu VVIP dan undangan lainnya menjadi mubazir.

Tidak hanya itu, Pelindo II juga menderita kerugian ratusan juta rupiah sebab tenda dan lighting yang disewa sekitar Rp350 juta untuk acara pengumuman menteri Kabinet Indonesia hebat batal digunakan.

Ditambah lagi beberapa kapal dialihkan penyandarannya ke terminal Jakarta Intetnational Container Terminal (JICT).

Menurut informasi yang diperoleh, Pelindo II memesan catering pada hari Selasa kemarin (21/10) sebanyak 1000 box untuk buruh atau TKBM, 80 porsi untuk pejabat pelindo dan 400 porsi untuk tamu VVIP yang nilainya lebih dari Rp100 juta.

Belum lagi jalan menuju ke terminal penumpang di perbaharui sepanjang 500 meter

Ketua masyarakat pesiair dan Pelabuhan (Mappan) Abdul Hadi menyayangkan sikap Dirut Pelindo ll RJ Lino yang tidak matang dalam hal perencanaan penyambutan Presiden Jokowi-JK hingga makanan menjadi mubazir.

“Saya tidak tahu apakah ini idenya Lino sendiri yang mwnginginkan pengumuman dan pelantikan dilakukan di Pelabuhan atau memang keinginan Peesiden Jokowi,” tutur Abdul Hadi. “Bisa jadi ini keinginan RJ Lino sendiri untuk mencari perhatian sebab yang kami peroleh informasi Dirut Pelindo ll ini masuk calon Menko Maritim.”

Selanjutnya seluruh biaya yang dikeluarkan tersebut tanggung jawab siapa, pemerintah atau Pelindo ll seandainya penempatan Pelabuhan sebagai lokasi pengumuman dan pelantikan Mentri atas keinginan jokowi dan biaya ditanggung BUMN akan menjadi preseden buruk bagi pemerintahan yang baru.

“Saya khawatir ini akan berlanjut menjadi gunjingan politik di media sosial karena belum apa-apa Pelindo ll selaku BUMN harus menanggung biayanya pemerintah,” kata Hadi. “Ini akan menjadi preseden buruk bagi Presiden Jokowi yg sejak awal sdh komitmen membentuk kabinet bersih.”

Apalagi rencananya akan menggunakan kapal yang sudah dipersiapkan dengam bahan bakar yang akan ditanggung Pelindo II juga.

(dwi/sir)

  • dakarputih

    jangan sering2 tidak menepati janji..nanti rakyat bisa marah

  • muktiwibowo

    Jokowi
    orang jawa jadinya gak enakan…Tadinya bos Pelindo II si tuan rumah
    mau dijadiin menteri maritim tp ternyata dapat rapor merah. dicoret dah.
    Yang diisuin mau dijadiin menteri jg udah ge er duluan, makanya
    panggung, sound dan lightingnya dah kayak mau konser Iwan Fals sekalian
    syukuran jadi menteri. ehh…bubar semua. Kasihan Pelindonya dana dah
    keluar banyak sekali, gimana tuh pertanggungjawabannya..

  • orang pingiran

    mankanya di umumin di istana aja jd ga ngluarin biaya,,,jgn pencitraaan mulu ,,,jelas bonekanya megawati