Tuesday, 25 September 2018

Ribuan Warga Serang Terjangkit Penyakit ISPA

Kamis, 23 Oktober 2014 — 19:21 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

SERANG (Pos Kota) – Dinas Kesehatan Kota Serang mencatat selama bulan Januari-Agustus 2014, sebanyak 14.639 masyarakat Kota Serang terserang penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut-red). Timbulnya penyakit ISPA ini disebabkan adanya pergantian musim.

“Penyakit ISPA ini disebabkan karena pergantian musim atau pancaroba,” ungkap Hikmat Sumantri, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Serang kepada wartawan di kantornya, Kamis (23/10).

Selain ISPA ungkap Hikmat, Dinkes menemukan sebanyak 1.589 balita yang terkena penyakit pneumonia yang akibatkan rusaknya sistem kekebalan tubuh (imun), serta diare 7.315 kasus. “Penyakit diare ini berbahaya buat anak-anak bisa meninggal dunia, hal ini dikarenakan banyaknya cairan yang kurang. Masyarakat harus waspada pada penyakit ISPA dan diare,” ungkap Hikmat.

Katanya, penanggulan ISPA dan diare adalah dengan perilaku hidup bersih dan sehat, sebelum makan cuci tangan, jangan buang air besar sembarangan, penggunaan air bersih, serta diharapkan kepada anak-anak agar tidak jajan sembarangan.

“Kewaspadaan di tingkat puskesmas terus kita koordinasikan tiap minggu, Senin pagi biasanya kita menerima laporan dari tiap-tiap puskesmas,” jelas Hikmat.

Kendati demikian, Dinkes Kota Serang tidak melakukan persiapan khusus, karena memang setiap peralihan musim, baik itu musim hujan ke kemarau maupun kemarau ke musim hujan. “Kita hanya menyediakan alat-alat dan obat-obatan seperti oralit dan peralatan infus,” katanya. (haryono)