Wednesday, 21 November 2018

Atasi Banjir

Jakbar Bangun 2 Rumah Pompa Dipasangi CCTV

Minggu, 26 Oktober 2014 — 13:08 WIB

KEMBANGAN (Pos Kota) – Menghadapi musim penghujan Sudin PU Tata Air Jakarta Barat (Jakbar) terus melakukan upaya antisipasi banjir. Selain mengeruk saluran dan kali, juga membangun rumah pompa air serta memasang Close Circuit Television (CCTV) di rumah pompa.

Kasudin PU Tata Air Jakbar, Pamuji mengatakan pihaknya telah melakukan pengerukan saluran, waduk dan kal guna mengantisipasi banjir dimusim hujan. “Selain itu juga akan membangun rumah pompa dan memasang CCTV di beberapa lokasi rumah pompa,” jelasnya.

Kepala Seksi Perencanaan Sudin PU Tata Air Jakbar, Santo menambahkan CCTV akan dipasang di Rumah Pompa Gang Macan, Daan Mogot, Rumah Pompa Satpas (Dispenda), Daan Mogot, Rumah Pompa Kyai Tapa, Grogol, Rumah Pompa Pondok Bandung dan Rawa Kepa. “Saat ini masih dalam proses pemesanan. Satu rumah pompa dilengkapi 4 CCTV dan dipasang di bagian mesin, ruangan, pompa, dan di pos jaga,” jelasnya.

Adanya CCTV diharapkan mampu memonitor aktivasi pompa, termasuk memantau kerja petugas yang berjaga. Sehingga, status siaga banjir I, II dan III dapat terkoordinasi dengan baik.

Sedangkan pembangunan dibangun di daerah Bojong, Rawa Buaya dan Cengkareng Drain, Cengkareng dengan anggaran sekitar Rp 20 miliar rupiah. Rumah Pompa Bojong dipasang 3 unit pompa, di mana kapasitas 1.000 liter/ detik, 500 liter/detik dan satu unit lagi 250 liter/detik. Sedangkan untuk Rumah Pompa Apuran di bantaran Cengkareng Drain akan dipasang dua unit pompa berkapasitas 500 liter/detik dan 250 liter/detik.

Selain itu, tahun ini Jakarta Barat mendapat bantuan pembangunan 3 rumah pompa dari Kementerian Pekerjaan Umum. Lokasinya di kelurahan Wijaya Kusuma dan Jelambar, Grogol Petamburan serta di Perumnas Cengkareng.
Adanya penambahan berbagai fasilitas diharapkan dapat meminimalisir banjir di Jakarta Barat.

(tarta/sir)