Tuesday, 20 November 2018

Kabinet Kerja Jokowi-JK

Retno Marsudi, Menlu Wanita Pertama Indonesia

Minggu, 26 Oktober 2014 — 21:33 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi.

Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi.

JAKARTA (Pos Kota) – Retno Marsudi yang selama ini menjabat Duta Besar Indonesia untuk Belanda, dipercaya oleh Presiden Ri Joko Widodo menjadi Menteri Luar Negeri menggantikan Marty Natalegawa. Dia sekaligus mendapat predikat Menlu Perempuan Pertama di Indonesia.

Nama Retno jarang menjadi pemberitaan media nasional. Namun menurut penelusuran, dia mulai menapaki karier diplomatnya pada tahun 1986. Pada 1997, Retno menjabat sebagai sekretaris satu bidang ekonomi di Kedutaan Besar Indonesia di Belanda. Di sana, Retno menjabat hingga 2001.

Selanjutnya, Retno dipercaya menjadi Direktur Eropa dan Amerika. Pada 2003, Retno mendapat promosi menjadi Direktur Eropa Barat.

Selang dua tahun kemudian, Retno menjadi Dubes RI di Norwegia dan Islandia. Selanjutnya, Retno dipercaya menjadi Direktur Jenderal Amerika dan Eropa.

Bagaimana prosesnya menjadi menteri pada Kabinet Kerja Jokowi JK, Retno menyatakan, bahwa pada Sabtu pagi, pk. 06:00 waktu Denhaag (Belanda) ditelepon Andi Widjajanto (Deputi Tim Transisi) untuk bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

“Beliau (Jokowi) kan berusaha mencari tahu track record (jejak rekam) dari masing-masing calon menteri yang dikehendaki,” papar Retno di Kompleks Istana Keperesiden, Jakarta, Minggu (26/10).

Retno mengatakan segera dirinya berusaha untuk mndapatkan tiket terbang ke Jakarta. “Saya menggunakan Garuda pada minggu sore, hari Senin siang tiba di Jakarta,” tutur Retno.

Ia menceritakan dari rumahnya di Depok, dan pk. 05:15 WIB Andi menelponnya agar malam itu juga untuk segera menemui Jokowi. “Posisi saya masih sebagai Dubes Indonesia untuk Belanda. Jadi di rumah saya masih melakukan pekerjaan sebagai Dubes,” tutur Retno.

“Saya saat bertemu Presiden Jokowi diminta untuk mengabdi. Saya selalu berusaha bekerja dengan hati apalagi Presiden Jokowi katakan kerja, kerja, kerja untuk rakyat,” tutur Retno. (Johara/d)