Wednesday, 14 November 2018

Kabinet Kerja Jokowi-JK

Sofyan Djalil, Kenek Metromini Yang Jadi Menteri Lagi

Minggu, 26 Oktober 2014 — 22:59 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Putra Aceh, Sofyan Djalil, ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Perekonomian dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Pernah menjadi pedagang telur dan kenek Metromini, sebelumnya ia sudah tiga kali menjabat sebagai menteri.

“Ia ahli strategi ekomomi dan keuangan. Kita percayakan pada Aceh,” ucap Presiden Jokowi saat memperkenalkannya di pelataranj Istana Merdeka, Minggu (26/10) sekitar Pk. 17:00.

Sofyan pertama mnejabat sebagai menteri di Kabinet Indonesia Bersatu I pemerintahan SBY-JK sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika. Pada 2007 saat terjadi reshuffle kabinet, bapak tiga anak ini digeser mnejadi Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara. Sebelum lengser pada 2009, ia menjadi Menteri Keuangan Ad Interim saat Menteri Keuangan Sri Mulyani meninggalkan Indonesia untuk ke Washington selama 12 hari.

Lahir di Aceh Timur pada 23 September 1953, Sofyan pernah berjualan telur, menjaga mesjid dan menjadi kenek Metromini. Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia ini mendapat dua gelar master, MA, pada 1989 di bidang kebijakan publik, juga doktor di bidang studi International Financial and Capital Market Law and Policy pada 1993. (yp/ dari berbagai sumber)