Wednesday, 14 November 2018

Kabinet Kerja Jokowi-JK

Yohana, Menteri Perempuan Papua Pertama

Senin, 27 Oktober 2014 — 0:48 WIB
Yohana Yembise - Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak

Yohana Yembise - Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak

JAKARTA (Pos Kota) – Yohana Susana Yambise terpilih menjadi Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak Kabinet Kerja Jokowi-JK. Ia menjadi perempuan Papua pertama yang menjabat sebagai menteri.

Kepada wartawan, Yohana mengaku bangga bisa mewakili masyarakat Papua dalam pemerintahan. Ia berharap langkahnya bisa membuka jalan bagi perempuan Papua untuk bisa mengangkat derajat perempuan Papua.

“Saya pikir saya membuka pintu untuk perempuan Papua ke depan. Pak Presiden sudah mengatakan baru satu kali selama Papua menjadi bagian Indonesia baru ada guru besar perempuan Papua,” ucapnya.

Yohana adalah dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cendrawasih Jayapura, Papua. Ia adalah perempuan Papua pertama yang mendapat gelar guru besar dari Menteri Pendidikan Kebudayaan sebagai profesor doktor bidang silabus desain dan material development.

Lahir di Manikwari pada 1 Oktober 1958 ini sudah aktif sejak masa kuliah. Ia menjadi peserta pertukaran pelajar Indonesia-Kanada. Istri leo Danuwira ini pada 1994 menyelesaikan pendidikan di Fakulty of Education, Simon Fraser University British Colombia Canada dengan gelar MA. (yp/dari berbagai sumber)

Komentar ditutup.