Sunday, 23 September 2018

Ahok Klaim Siap Hadapi Musim Banjir

Rabu, 29 Oktober 2014 — 6:36 WIB
Mengeruk kali salah satu cara antisipasi banjir

Mengeruk kali salah satu cara antisipasi banjir

 
JAKARTA (Pos Kota) – Musim hujan segera tiba, Jakarta bakal menghadapi ancaman banjir. Pemprov DKI optimistis bisa mengantisipasi banjir karena banyak sungai  dan saluran air yang sudah dikeruk.

”Kami sudah lebih siap menghadapi banjir dibandingkan tahun sebelumnya,” tegas Plt Gubernur Ahok, di Balaikota, Selasa (28/10).  “Lihat saja sheet pile di Gunung Sahari, dan segala macam yang telah kita lakukan selama ini untuk mengantisipasi banjir.”

Selain memasang tiang pancang dan pengerukan saluran air, saat ini tengah dimulai pembangunan tanggul raksasa. “Kami perkuat yang ada di laut saja, seperti perumahan Pantai Indah Kapuk, Pluit dan Muara Karang kan. Pompa di Pasar Ikan sudah beroperasi. Tinggal berpikir soal waduk, termasuk Marunda,” jelas Ahok.

PEMBANGUNAN WADUK

Ahok mengungkapkan, waduk di Marunda, juga  harus segera dibangun dan akan disusul pembangunan waduk lainnya di utara Jakarta.

“Ketika semuanya sudah berjalan dengan baik dan penduduk mau pindah dari bantaran kali atau waduk, maka tidak ada lagi banjir hingga berhari-hari di Jakarta,” sambungnya.

Menurut Ahok, mengatasi banjir harus ada partisipasi masyarakat Jakarta, khususnya yang masih tinggal di pinggiran kali dan waduk.

“Mereka harus rela dipindahkan ke tempat yang lebih layak, karena kali dan sungai akan dinormalisasi. sehingga mempunyai daya tampung yang sesuai dengan awalnya,” pungkasnya. (john)