Friday, 20 September 2019

Pengirim Jemaah Haji Terbesar

Menlu: Indonesia Berkepentingan Dengan Stabilitas Timur Tengah

Kamis, 30 Oktober 2014 — 14:19 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Mursadi.(dok/rihadin)

Menteri Luar Negeri Retno Mursadi.(dok/rihadin)

JAKARTA (Pos Kota) – Indonesia memiliki kepentingan akan stabilitas kawasan Timur Tengah. Namun isu Palestina tetap akan menjadi perhatian kita semua karena isu ini sangat sensitif dalam mempengaruhi stabilitas kawasan.

Demikian dikatakan Menteri Luar Negeri Retno Mursadi saat membuka seminar bertema ” Konflik dan Demokratisasi di Timur Tengah” di Pondok Pesantren Al-Hikam, Depok, Jawa Barat, Kamis (30/10).

Hadir dalam acara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Pimpinan Ponpes Al-Hikam KH Hasyim Muzadi, dan para manteri luar negeri di antaranya, Hasan Wirajuda.

Retno menambahkan banyak kepentingan Indonesia di kawasan Timur Tengah, di mana Indonesia, salah satu negara pengirim jemaah haji terbesar di dunia setiap tahunnya.

Kepentingan lainnya, lanjut Retno, di bidang perekonomian karena Timur Tengah adalah pasar non tradisional Indonesia yang terus kita garap untuk memperkuat kemandirian ekonomi bangsa.

Selain itu, tambah Retno, kawasan Timur Tengah menjadi penempatan Tenaga Kerja Indonesiaa (TKI), termasuk saudara kita yang berada di sana. “Sebab itu kita sangat berkepentingan dengan stabilitas kawasan Timur Tengah,” tutur Retno yang mantan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda.

Namun demikian, dikatakan Retno, isu Palestina sangat berpengaaruh terhadap stabilitas kawasan tersebut. Apalagi ketika terjadi serangan Israel terhadap Palestina.

(johara/sir)