Friday, 23 August 2019

Harga Semangka di Sukabumi Turun

Minggu, 9 November 2014 — 15:32 WIB
Foto: reuters

Foto: reuters

SUKABUMI (Pos Kota) — Harga semangka di Kabupaten Sukabumi akhir-akhir ini terus menurun. Akibatnya para petani semangka terutama di selatan Sukabumi merugi. Saat ini harga semangka di jual Rp 1.500 per kilogram.

Salah seorang petani semangka di Kecamatan Surade, H Sahlan mengakui harga jual tidak bisa menutupi biaya produksi. Para petani semangka mengalami kerugian yang tidak sedikit. Malah, kata Sahlan, harga semangka sempat jatuh pada titik terendah yakni Rp 800 per kilogram. Padahal, harga normalnya bisa mencapai Rp 2.500 per kilogram.

“Jatuhnya harga semangka dipengaruhi dengan serentaknya panen semangka di sejumlah daerah seperti di Kabupaten Majalengka dan Indramayu Jawa Barat serta daerah lainnya di Jawa. Hal ini menyebabkan pasokan semangka ke pasar cukup banyak. Akibatnya, harga semangka di pasaran mengalami penurunan,” ungkapnya.

Sementara itu salah seorang pedagang buah di Kota Sukabumi, Jajang membenarkan jatuhnya harga semangka. Pasalnya pasokan buah semangka memang cukup melimpah di pasaran.

“Namun, saat ini pasokan sudah normal kembali dan harga mulai kembali stabil seperti sebelumnya,” tuturnya.

(sule/sir)