Saturday, 15 December 2018

24 Truk Bermuatan Miras Selundupan Diamankan Bea Cukai

Senin, 10 November 2014 — 0:11 WIB
Foto ilustrasi

Foto ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Sekitar 24 truk bermuatan puluhan ribu botol minuman beralkohol (minol) impor selundupan ditahan aparat  Bea dan Cukai pusat. Minuman keras  impor berbagai merk terkenal tersebut diselundupkan melalui Pelabuhan Dumai, Tembilahan, Jambi, Palembang dan Lampung.

Saat ditangkap di Lampung,  minol  milik Panca, Yudi,Subandi dan Temi ini sedang menuju Jakarta melalui jalan darat. Namun di Pelabuhan Merak puluhan truk barang ilegal tersebut disergap petugas Bea dan Cukai.

Dari puluhan truk yang ditahan, sembilan diantaranya sudah ditarik dari Pelabuhan Merak ke kantor Pusat BC di  Rawamangun, Jakarta Timur.

Diduga modus yang dilakukan pemilik minol impor ini sudah berlangsung tahunan. Mereka sengaja memasukan barang larangan ini dari luar negeri tidak langsung ke Priok dikarenakan ketatnya aparat Bea Cukai Priok sehingga disandarkan ke pelabuhan daerah guna menghindari pembayaran pajak dan beamasuk.

Direktur P2 Kantor BC Pusat Muhamad Sigit ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. Namun dirinya belum bisa memberikan penjelasan dan diminta agar wartawan menghubungi Humas Ditjen Bea dan Cukai terlebih dahulu. (Dwi)