Tuesday, 13 November 2018

Musim Hujan Sudah Tiba, Rumah Pompa Siap Dioperasikan

Selasa, 11 November 2014 — 6:21 WIB
Asisten pembangunan sedang memantau pompa air di Penjaringan

Asisten pembangunan sedang memantau pompa air di Penjaringan

PENJARINGAN (Pos Kota) -Musim hujan sudah di depan mata, berbagai persiapan dilakukan  mengatasi banjir. Seperti tim monitoring dari Pemkot Jakarta Utara terus memantau 35 rumah pompa air.

Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Pemelihraan Sumber Daya Air Sudin PU Tata Air Jakarta Utara Kuryatna Atmadja bersama dengan Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Utara Satriadi Gunawan mengatakan, pemeriksaan dimulai dari wilayah bagian barat Jakarta Utara.

“Tujuh rumah pompa di Kecamatan Penjaringan, mulai dari Kelurahan Kapuk Muara sampai Kelurahan Penjaringan seluruhnya sudah siap,” ungkapnya Kuryatna Atmadja.

Ketujuh rumah pompa yang diperiksa itu antara lain Pompa SMP 122, Rumah Pompa Kapuk I, Rumah Pompa Kapuk I B, Rumah Pompa Kapuk II, Rumah Pompa Waduk Teluk Gong, Rumah Pompa Bimoli, dan Rumah Pompa Waduk Pluit. ‘

Rumah Pompa Waduk Pluit yang menjadi penyebab utama banjir dahsyat awal 2013 pun kini kondisinya juga  baik. ”Kami pastikan air yang masuk ke Waduk Pluit bisa dipompa ke laut,” terang dia.

Setelah memastikan kesiapan rumah pompa di Penjaringan, hari ini (11/11) pihaknya juga akan memeriksa rumah pompa di Kecamatan Pademangan, Kecamatan Tanjung Priok, dan Kecamatan Kelapa Gading. Beberapa rumah pompa besar menjadi prioritas sudin PU Tata Air, karena itu salah satu upaya mengatasi banjir yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Terakhir, Sudin PU Tata Air Jakarta Utara juga akan memeriksa rumah pompa di Kecamatan Koja dan Kecamatan Cilincing. Menurutnyam Rumah Pompa Waduk Rawa Badak di Kecamatan Koja yang paling penting. Sebab, rumah pompa ini berfungsi memompa air dari Waduk Rawa Badak ke Kali Sunter.

Di Jakarta Utara ini memang keseluruhan ada 92 unit pompa air. Dari jumlah tersebut 35 rumah pompa milik Kementrian PU, Dinas PU DKI, dan Sudin PU Tata Air Jakarta Utara. Rumah pompa dan pompa air di utara Jakarta dibuat dengan daya pompa rata-rata sebesar 187,85 meter kubik per detik.

Sedangkan Asisten Pembangunan Lingkungan Hidup Jakarta Utara Satriadi Gunawan menambahkan, pemeriksaan rumah pompa memang diperlukan. Ini tujuan agar pada saat terjadi hujan deras dan diperkirakan akan menimbulkan banjir seluruhnya siap semua. (wandi)