Friday, 20 July 2018

Ada Lowongan Kerja baru Gaji Rp.60 Juta Sebulan

Rabu, 12 November 2014 — 6:21 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

APAKAH Anda seorang PNS yang ingin jadi pejabat tinggi dan berharap dapat gaji puluhan juta? Kementerian Keuangan sedang membuka lowongan baru, dan menjanjikan gaji Rp60 juta sebulan.

Lowongan yang menanti Anda itu adalah Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) dengan gaji Rp 60 juta. Hmm, lumayan. Dapat berapa tuh kalau semua dipakai beli gado-gado sama krupuk ?

Ini kali pertama jabatan setingkat Dirjen dilelang oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dirjen Pajak, menurut informasi, termasuk mendapat gaji dan tunjangan terbesar dibanding Dirjen lainnya. Pemerintah baru memutuskan melelang jabatan Dirjen Pajak, demo mendongkrak perolehan pajak terus menurun selama 8 tahun terakhir.

Apa yang dilakukan oleh Dirjen Pajak dengan Rp60 juta itu adalah sederhana. Mencari duit Rp1.113 triliun dalam setahun untuk memenuhi target penerimaan pajak APBN 2015. Nah silakan penuhilah perolehan itu.

Untuk ukuran orang awam gaji Rp60 juta tentu fantastis. Tapi untuk ukuran pegawai pajak, biasa saja. Bayangkan seorang Gayus Tambunan yang PNS Golongan III A bisa mengantongi puluhan miliar di rekeningnya dari kesibukannya mengelola pajak. Apalagi sekelas Dirjen?

Di Indonesia, sumber pajak banyak tapi penggaliannya minim. Pegawai pajak lebih fokus pada wajib pajak bermasalah dan “kongkalikong” dengannya, sehingga mereka pajak kaya raya, sedangkan negara kehilangan sumber pendapatannya.

“Sumber pendapatan kasat mata dari pajak sebenarnya ribuan triliun, “ kata H. Masyhari, wiraswastawan, pemilik ratusan rumah kontrakan di seantero ibukota. “Hitung aja jumlah rumah di seluruh Indonesia, pajakin semua. Hitung jumlah mobil dan motor pajakin semua, naikkan supaya nggak membanjiri jalanan. Ribuan triliun itu, “ katanya.

Ahok pernah mengungkapkan, teman-temannya yang punya banyak apartemen dan bayar pajaknya sangat minim, karena petugas pajak tak pernah mengoreknya. Ahok terang-terangan ragu orang kaya jujur dalam membayar pajak.

Itu tantangan Anda semua bila tertarik mengisi lowongan jadi Dirjen Pajak. Gajinya Rp60 juta sebulan. Godaannya puluhan bahkan ratusan miliar. – dimas.