Tuesday, 25 September 2018

Kejaksaan Segera Eksekusi Dua Terpidana Mati

Kamis, 13 November 2014 — 21:02 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Kejaksaan Agung memastikan mengeksekusi terpidana mati perkara narkoba, dalam waktu dekat. “Kita siap melaksanakan perintah undang-undang selama semua upaya hukum sudah ditempuh,” kata Kapuspenkum Tony Tribagus Spontana di Kejagung, Kamis (13/11) sore.

Dari informasi yang diperoleh terpidana yang akan dieksekusi terkait perkara narkoba dan penghuni salah satu lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Provinsi Banten. Malah, disebutkan eksekusi hukuman mati akan dilakukan terhadap terpidana lainnya.

“Jadi, sampai akhir tahun ini paling tidak dua terpidana mati akan dieksekusi,” kata sumber Pos Kota.

Tony menjelaskan dirinya belum mengetahui persis jumlah terpidana mati yang akan dieksekusi, sebab terdapat perbedaan tafsir antara berbagai lembaga terkait.

“Bagi kami, Kejaksaan selaku eksekutor, terpidana mati yang siap dieksekusi adalah terpidana yang sudah menempuh semua upaya hukum, termasuk grasi kepada Presiden,” terang Tony yang berjanji akan mengusahakan datanya, pekan depan.

“Jadi, kita akan catat berapa terpidana mati yang tengah mengajukan peninjauan kembali (PK) dan grasi.”

Dari daftar di Kejaksaan Agung, jumlah terpidana mati sampai tahun 2013 ada 107 orang, 3. Terdiri dari 57 orang perkara tindak pidana umum, 48 orang perkara narkotika dan sisanya teroris. (ahi)