Thursday, 20 September 2018

Dengan Bubuhkan Cap Lima Jari

Ramai-ramai Berkomitmen Tidak Merokok Lagi

Jumat, 14 November 2014 — 6:23 WIB
Plt Walikota Jakarta Utara  Tri Kurniadi membubuhkan lima jari sebagai tanda kometmen anti-rokok. (wandi

Plt Walikota Jakarta Utara Tri Kurniadi membubuhkan lima jari sebagai tanda kometmen anti-rokok. (wandi

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-50, yang bertepatan Kamis (13/11), di halaman plaza barat kantor Walikota Jakarta Utara, ratusan pegawai  melakukan aksi pembubuhan cap lima jari untuk menyatakan stop  merokok.

Cap lima jadi di atas kain putih bertuliskan “Komitmen Tidak Merokok” dengan memiliki bentangan panjang  5 meter kali 120 cm. Dalam kegiatan tersebut, ratusan  pegawai, pelajar bahkan tamu ikut membubuhi cap lima jari.

Bahkan Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jakarta Utara, Tri Kurniadi, tak mau ketinggalan mengawali aksi tersebut.  “Ini harus didukung penuh, makanya begitu Sudin Kesehatan mendeklarasikan komitmen ini saya langsung membubuhkan cap lima cari,”katanya.

Diakui oleh Tri Kurniadi, adanya kometmen ini dirinya berharap lingkungan kantor Walikota Jakaarta Utara akan terbebas dari asap rokok. Sebab akibat banyaknya perokok itu yang diruginkan bukan hanya yang merokok saja tapi orang yang ada disekitarnya juga terkena dampak yang kurang baik.

“Tentunya badan kita akan sehat, dengan tidak merokok. Selain kita akan bisa lebih banyak untuk beraktivitas, kalau kita sakit kan sangat terbatas bahkan bisa tidak bisa beraktivitas,”tambahnya

Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Utara, Bambang Suheri menambahkan, kegiatan pembubuhan tanda tangan ini adalah hal pertama dilakukan di Jakarta Utara.

Targetkan pembubuhan tanda cap lima jari ini ini diikuti 500 orang lebih. Kegiatan ini bukan hanya dilaskanakan di kantor Walikota saja, Puskesmas di enam kecamatan juga dilakukan dengan aksi yang sama.

“Mudah-mudahan kedepan masyarakat akan sadar akan bahaya merokok,”katanya. (wandi)