Monday, 24 September 2018

Arus Lalulintas ke Sukabumi Macet

Sabtu, 15 November 2014 — 19:46 WIB
Kendaraan padat  merayap dari arah Bogor menuju Sukabumi

Kendaraan padat merayap dari arah Bogor menuju Sukabumi

SUKABUMI (Pos Kota) – Volume kendaraan yang melintas ruas jalan utama Sukabumi terus bertambah. Kondisi ini terlihat mulai pagi hingga sore hingga mengakibatkan arus lalu-lintas padat merayap, terutama di jalur utara Sukabumi. Kebanyakan pengendara merupakan warga luar Sukabumi yang hendak menghabiskan waktu berlibur pada akhir pekan, Sabtu (15/11).

Pengamatan Pos Kota di wilayah Kecamatan Cicurug yang merupakan pintu gerbang ke Kabupaten Sukabumi dari Bogor, volume kendaraan sudah terjadi sejak pagi hari. Lalu-lalang kendaraan roda empat berplat nopol luar Sukabumi dan roda dua yang tergabung di klub-klub sepeda motor sudah banyak terlihat. Kendati hampir seharian diguyur hujan tak berimbas kepada jumlah pengendara yang umumnya wisatawan untuk berlibur ke beberapa lokasi objek wisata di Sukabumi.

Membludaknya volume kendaraan ini mengakibatkan kemacetan dan kepadatan ruas di titik-titik tertentu seperti di depan Pasar Cicurug, Parungkuda dan Cibadak. Selain banyaknya pengendara wisatawan, kepadatan arus di titik-titik tersebut juga akibatnya banyaknya kendaraan, terutama angkot yang keluar masuk pasar.

“Kepadatan arus terjadi di depan pasar sepanjang jalan. Dari Cicurug sampai Cibadak saja sampai dua jam lebih,” aku pengendara asal Depok, Aweng, 36, yang mengaku hendak berlibur ke Pelabuhan Ratu.

Lonjakan jumlah kendaraan ini terjadi hingga sore hari. Diprediksi kondisi serupa juga akan terjadi pada berakhirnya waktu liburan pada Minggu (16/11). (sule)