Saturday, 22 September 2018

Pemprov Banten Gelar Job Fair

Selasa, 18 November 2014 — 17:35 WIB
Plt Gubernur Banten Rano Karno saat meninjau Job Fair

Plt Gubernur Banten Rano Karno saat meninjau Job Fair

SERANG (Pos Kota) – Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Pemerintah Provinsi Banten menggelar Pameran Bursa kerja/Job Fair dari  18-20 November 2014. Acara yang digelar di halaman Masjid Al Bantani di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KPPPB), Kota Serang, ini diikuti 56 perusahaan yang menawarkan 58.306 lowongan pekerjaan.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Ini dimaksudkan mengurangi angka pengangguran dengan mempertemukan pengusaha dengan pencari,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno, dalam sambutannya.

Rano Karno menjalaskan jumlah pengagguran di Banten h mencapai angka 484.000 orang sementara jumlah lowongan kerja yang tersedia 20.101. Sedangkan jumlah pencari kerja tercatat  46.296 orang dengan rincian tingkat pendidikan Sekolah menengah Pertama (SMP) sebanyak 5.449 orang, Sekolah Menengah Atas (SMA) 29.566 orang dan Perguruan Tinggi sebanyak 9.014 orang.

“Untuk pencari kerja lulusan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 2.267 orang,” terang Rano.

Kepala Dinas tenaga kerja dan Transmigrasi, Hudaya latuconsina mengatakan pameran bursa kerja ini diikuti oleh 11 instasi yang membidangi ketenagakerjaan se Provinsi Banten. Hudaya menjelaskan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan kesempatan kerja, harus terus membangun sinergitas dengan seluruh stakeholder dengan mengoptimalkan  potensi pencari kerja yang ada.

“Selain itu peningkatan pelatihan yang berorientasi kepada penempatan tenaga kerja atau sistem pelatihan ‘three in one’ (pelatihan, sertifikasi dan penempatan) sampai dengan program pemagangan di perusahaan perlu kita tingkatkan kembali,” ujar Hudaya. (haryono)