Sunday, 15 September 2019

Sesuaikan Harga BBM

Pengusaha Diminta Naikkan Uang Transport dan Uang Makan

Selasa, 18 November 2014 — 16:02 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Pengusaha diimbau  menaikkan biaya makan dan biaya transportasi kepada  pekerjanya, terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Menteri Ketenagakerjaan Muh.Hanif Dahkiri  juga mengatakan pengusaha dapat mengambil  langkah lainnya untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM.

“Perusahaan-perusahaan tentunya telah memperhitungkan untuk melakukan efisiensi biaya produksi, termasuk  overhead  perusahaan. Tapi tentunya harus dibicarakan secara bipartite dan disesuaikan  dengan kemampuan perusahaan yang bersangkutan,” kata Hanif, Selasa (18/11).

Efisiensi biaya produksi ini, lanjutnya,  diharapkan dapat menghindarkan adanya kemungkinan PHK bagi pekerja/buruh tanpa mengganggu proses produksi dan kinerja perusahaan.

“Kita tentu berharap kenaikan BBM tidak akan berpengaruh pada proses produksi  dan tidak mengganggu kinerja perusahaan dan produktivitas kerja,” kata Hanif yang   yakin sejak lama para pengusaha telah memperhitungkan secara matang terkai  kenaikan  BBM  dalam perencanaan keuangan dan biaya produksi perusahaannya.

Apabila dari segi keuangan perusahaan memungkinkan, kata Hanif,  bisa saja  perusahaan-perusahaan yang mampu  secara finansial   agar dapat menaikkan biaya makan dan biaya transportasi kepada para pekerjanya.

Di sisi lain, Hanif pun mengajak semua pihak agar bekerja sama dalam menekan dan menghilangkan praktek
high cost economy atau ekonomi biaya tinggi yang masih terjadi di perusahaan di berbagai daerah.

“Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan menekan dan menghilangkan penyebab-penyebab terjadinya ekonomi biaya tinggi yang memberatkan dunia usaha di Indonesia,” kata Hanif.(Tri)

  • borohol

    Logis atuh bos uang makan dan transport pegawai di naekan, emang semua harga harga, angkot aja minta kenaekan tarif masa pegawai tidak.

  • suwiryo

    kenapa kenaikan harga bbm diputus setelah penetapan UMP dan UMK? sekarang pengusaha diminta nanggung beban? jadi kenaikan uang transpor dan uang makan ya minta saja ke jokowi, biar dikasih kartu.