Sunday, 18 November 2018

DPRD DKI Kembali Gagal Bentuk AKD

Jumat, 5 Desember 2014 — 13:39 WIB
Foto-Sidang paripurna  di Gedung DPRD DKI Jakarta.(dok/toga)

Foto-Sidang paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta.(dok/toga)

JAKARTA (Pos Kota) – DPRD DKI Jakarta kembali gagal membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang direncanakan Jumat (5/12). Hingga kini DPRD belum sepakat mengisi 15 posisi pimpinan komisi.

DPRD memutuskan menggelar rapat pimpinan gabungan terdiriKetua dan 4 Wakil DPRD DKI serta pimpinan 9 Fraksi.
Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta, Mangara Pardede mengakui pembentukan AKD batal.

“Tapi sudah ada kesepakatan lisan kalau Senin dilaksanakan paripurnanya,” kata Mangara, Jumat (5/12).

Pembentukan AKD tersebut sangat penting untuk pembahasan program pemprov tahun 2015 mendatang. Tanpa AKD, program yang dirancang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama, tidak akan bisa dilaksnakan. Sebab, untuk pembiayaan program menggunakan APBD harus mendapat persetujuan dewan setelah dibahas oleh AKD bersama unit kerja.

Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, Muhammad Taufik mengatakan rapat paripurna AKD batal dilaksanakan hari ini arena menunggu Fraksi Golkar yang masih berada di Bali, mengikuti musyawarah nasional (munas).

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mengatakan pembagian lima kursi ketua, lima kursi wakil ketua dan lima kursi sekretaris di lima komisi sudah memasuki tahap final.

“Yang penting pembagiannya proporsional saja. Yang penting 106 anggota dewan harus kuat dan solid, kalau nggak, gimana mau bangun Jakarta menjadi lebih baik,” kata Prasetyo.

(john/sir)