Friday, 20 July 2018

Jerman Terapkan Teknologi Garis Gawang

Sabtu, 6 Desember 2014 — 0:03 WIB
Neuer kiper Timnas Jerman dan Bayren Munchen

Neuer kiper Timnas Jerman dan Bayren Munchen

MUNICH (Pos Kota) – Untuk menghindari kecurangan atau kelalaian wasit dalam menentukan masuktidaknya bola ke dalam gawang, Liga Jerman akan menerapkan teknologi garis gawang mulai musim 2015/2016. Langkah ini mengikuti jejak Liga Primer dan Liga Champions.

Keputusan untuk memakai teknologi garis gawang mulai musim 2015/2016 diambil melalui voting yang melibatkan 18 klub di kasta teratas Liga Jerman, Kamis (4/12), waktu setempat. Hasilnya 15 klub menyatakan setuju sementara tiga sisanya menolak.

“Saya yakin ini merupakan langkah ke depan yang tepat untuk sepakbola Jerman, dan bantuan untuk tugas wasit,” ujar Presiden DFL (Deutsche Fu?ball Liga), Reinhard Rauball.

Pemakaian teknologi tersebut diduga terkait dengan laga antara Borussia Dortmund dengan Bayern Munchen di final Piala Jerman musim lalu. Ketika itu Matts Hummels mencetak gol ke gawang Bayern, namun tidak disahkan wasit.

Anggota ekesekutif DFL, Andres Rettig mengatakan teknologi garis gawang membutuhkan biaya sebesar 8.000 euro per pertandingan. “Kami puas dengan rencana pemakaian Hawk Eye tersebut mulai Juli mendatang,” terangnya. (ali)