Thursday, 20 September 2018

Pelindo Didesak Terapkan Mitra Pelayaran Terjadwal

Senin, 15 Desember 2014 — 10:29 WIB
Foto-Pelabuhan Tanjung Priok.(dok)

Foto-Pelabuhan Tanjung Priok.(dok)

JAKARTA (Pos Kota) – PT Pelindo I-IV diharapkan menetapkan pelayanan sistem berthing window tehadap pelayaran nasional di seluruh pelabuhan untuk jenis layanan peti kemas domestik.

Sebab dengan berthing window akan memberikan kepastian waktu pelayanan sandar kapal dan bongkar muat menjadi tepat waktu serta hemat biaya, karena terjadwal harinya.

“Kami selaku Pelaku usaha pelayaran nasional sangat berharap layanan peti kemas domestik di seluruh pelabuhan komersial yang dikelola Pelindo I-IV agar menggunakan sistem window, sehingga biaya logistik dan ketepatan waktu bongkar muat dapat dihitung dengan pasti,” ujar Direktur Komersil PT.Pelayaran Tempuran Emas Tbk (Temas Line) Teddy Arief.

Sistem berthing window, kata dia, adalah sistem pengaturan terhadap mitra pelayaran secara terjadwal untuk masuk dan menggunakan fasilitas di pelabuhan sehingga kegiatan bongkar muat kapal dapat lebih terencana.

Menurut Teddy selama ini baru pelabuhan Pontianak yang memberlakukan full sistem Window. Namun di pelabuhan lainnya masih belum menerapkan secara penuh.

Akibat tidak menerapkan window, sering kali pelayran berbenturan masuk pelabuhan bersamaan atau meninggalkan pelabuhan bersamaan setelah itu demaga kosong berhari-hari.

“Kalau window jelas akan terjadwalkan semua kapal. Misalnya kapal pelayaran A boleh sandar pada hari Senin Pagi bersama kapal B, sedangkan kapal C masuk hari selasa begitu seterusnya, jadikan enak tidak saling berebut minta disandarkan duluan jika pada hari sama banyak kapal yang masuk pelabuhan,” cerita Teddy.

Dengan sistem window menurunya bisa mengurangi cost logistik di pelabuhan asal maupun pelabuhan tujuan karena keluar dan masuk kapal lebih cepat sehingga menguntungkan kedua belah pihak yakni pelabuhan maupun pelayaran.

“Bisnis pelayaran itu inginnya kapal cepat tiba di pelabuhan, cepat sandar dan cepat di bongkar muat sehingga bisa lebih cepat berangkat,” papar Teddy.

(dwi/sir)