Tuesday, 20 November 2018

Jokowi : Di Indonesia Demokrasi dan Islam Berjalan Seiring

Jumat, 19 Desember 2014 — 22:23 WIB
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

JAKARTA (Pos Kota) – Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia adalah negara Islam terbesar di dunia, dan sekaligus juga negara demokrasi terbesar nomor tiga di dunia. Islam dan demokrasi berjalan beriringan.

Itu disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada acara Transformasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan peluncuran program 5.000 doktor 2015-2019 di Istana Negara, Jakata, Jumat (19/20).

Hadir dalam acara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin danĀ  rektor UIN (Universitas Islam Negeri) dan IAIN (Institut Agama Islam Negeri) se–Indonesia. “Ini menjadi modal besar kita dan kekuatan kita dalam kerangka politik global. Apakah ada negara lain seperti kita? Belum ada,” kata Kepala Negara.

Jokowi menerangkan dalam setiap pertemuannya dengan pemimpin dunia, dan tamu-tamu negara selalu dijelaskan, bahwa perkembangan Islam dan demokrasi di Indonesia bisa menjadi contoh bagi dunia.

Jokowi mengaku sering ditanya menyangkut penanganan terorisme di Indonesia. “Saya jelaskan kepada mereka bahwa pendekatan keamanan di seluruh dunia tidak akan menyelesaikan masalah,” tambah Jokowi.

Karena yang paling penting, lanjut Jokowi, pendekatan keagamaan dan kultural. “Saya katakan kita tanya, kita dialog dengan para kiai, tokoh agama dari organisasi kemasyarakatan seperti, Nahdlatul Ulamaa, Muhammadiyah dan ormas lainnya,” jelas Jokowi. (Johara)