Tuesday, 20 February 2018

Pemkot dan Polisi Jamin Rasa Aman Umat Kristiani Rayakan Natal

Senin, 22 Desember 2014 — 12:34 WIB

BOGOR (Pos Kota) – Pemerintah dan Kepolisian Bogor Kota sepakat menjamin rasa aman bagi umat Kristiani saat menyambut Natal 25 Desember 2014 dan Tahun Baru 2015. Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto Senin (22/12) di Balaikota Bogor mengatakan, koordinasi keamanan Natal dan Tahun Baru, agar memberi rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani saat beribadah.

“Harus aman. Harus kondusif Kota Bogor. Kami sudah road show ke tokoh agama,” kata Bima. Terkait GKI Yasmin yang akan mengadakan kebaktian Natal di lokasi yang masih berperkara, Bima mengaku, pada Minggu (21/12) kemarin, pihaknya sudah ke GKI Pengadilan.

Pada pertemuan itu, Pengurus Harian Majelis Jemaat (PHMJ) GKI Pengadilan, induk dari GKI Yasmin menegaskan, jika tidak ada kebaktian Natal umat GKI Yasmin, di lokasi yang masih berperkara.

“Pemkot Bogor bekukan IMB GKI YasminN karena ada temuan berkas yang diduga manipulasi. Namun Pemkot Bogor jamin penuh kebebasan beragama. Kami sudah berbicara dengan pengurus gereja dan ada titik temu. Intinya masalah di Yasmin, harus selesai,” papar Bima.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku, akar utama masalah gereja Yasmin adalah permohonan penambahan gereja untuk beribadah, akibat dari keberadaan GKI Pengadilan yang sudah tidak mampu lagi menampung jemaat. “Nah saya selaku Walikota, harus menjamin ketersediaan tempat ibadah.Sepakat kami cari solusi,”ujarnya.

Kapolres Bogor Kota, AKBP Irsan yang hadir pada jumpa pers itu menuturkan, walau sudah ada jaminan dari PHMJ GKI Pengadilan, bahwa tidak ada aktiiftas kebaktian di Yasmin, namun langkah antisipasi tetap berlaku.

“Bahkan Selasa (23/12) kami akan keliling semua gereja. Sorenya kami steril area. Tim dari Geganan turun. Ada beberapa Ormas Islam juga sudah siap amankan Natal. Anggota dari Ormas Islam, akan bantu polisi, TNI dan keamanan gereja untuk jaga situasi,” tandas AKBP Irsan.

Kepolisian Resor Bogor Kota menurutnya, telah mendirikan 8 pos pengamanan Natal dan Tahun Baru di delapan lokasi. (yopi/yo)