Monday, 12 November 2018

Jaringan Internet Korea Utara Lumpuh

Selasa, 23 Desember 2014 — 10:20 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menggendong seorang bocah setelah selesai sesi foto bersama dengan perserta kongres keluarga di Korea Utara (reuters)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menggendong seorang bocah setelah selesai sesi foto bersama dengan perserta kongres keluarga di Korea Utara (reuters)

PIYONGYANG- Korea Utara mengalami gangguan jaringan internet yang parah dan akses internet negara tersebut lumpuh total, ungkap pengamat.

Gangguan ini terjadi beberapa hari setelah Amerika Serikat menuduh Korea Utara berada di balik serangan siber terhadap Sony Pictures.

Presiden AS Barack Obama berjanji akan memberikan respons secara “proporsional”, namun para pejabat tidak mengomentari keterlibatan AS dalam gangguan jaringan tersebut.

Pengamat mengatakan masalah teknis atau serangan siber mungkin merupakan penyebab dari gangguan internet di Korea Utara.

“Selama 24 jam terakhir konektivitas Korea Utara ke dunia luar semakin menurun hingga mencapai titik mereka sekarang benar-benar offline,” kata Doug Madory pengamat dari perusahaan analisa internet Dyn Research.

Arbor Networks, sebuah layanan teknologi internet, mengatakan mereka mendeteksi denial-of-service terhadap infrastruktur Korea Utara sejak Sabtu (20/12).

Hanya sebagian kecil orang memiliki akses internet di Korea Utara, salah satu negara yang paling tertutup di dunia.
Penarikan film

Pekan lalu, pemerintah AS mengatakan penyelidikan FBI menunjukkan bahwa Korea Utara berada di balik serangan peretasan pada Sony yang menyebabkan film yang belum pernah dirilis dan email pribadi bocor secara daring.

Korea Utara membantah bertanggung jawab terhadap insiden tersebut.

Namun, Korea Utara memuji serangan terhadap Sony, dan selama berbulan-bulan mengutuk film The Interview, yang menggambarkan pembunuhan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Sony akhirnya membatalkan rilis film tersebut.(BBC)