Friday, 16 November 2018

Abraham Samad : 11 Tahun, Masih Banyak PR KPK

Senin, 29 Desember 2014 — 21:25 WIB
Ketua KPK Abraham Samad

Ketua KPK Abraham Samad

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini Senin, 29 Desember 2014 genap berusia 11 tahun. Ketua KPK, Abraham Samad mengaku masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang mesti segera diselesaikan.

“Masih banyak PR KPK yang harus segera diselesaikan. PR itu berupa harapan dan tantangan yang harus dihadapi kedepan,” katanya, melalui pesan singkat, tadi pagi.

Selain memiliki banyak PR, Abraham menambahkan, pihaknya harus selalu menjaga kepercayaan publik terhadap KPK. Karena, menurutnya, sudah sepatutnya KPK menjadi lembaga penegak hukum yang berintegritas dan dicintai masyarakat.

Wakil Ketua KPK, Adnan Pandu Praja menuturkan, setidaknya ada tiga tantangan terberat yang dimiliki KPK. Pertama, bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa korupsi adalah musuh bangsa.

“Ini merupakan tantangan terberat karena diperlukan keterlibatan tokoh-tokoh masyarakat, baik secara formal maupun informal,” ujarnya.

Tantangan terberat kedua, sambung Adnan, bagaimana upaya mengurangi penyalahgunaan wewenang oleh oknum parlemen. “Lalu, ketiga, adalah upaya untuk meningkatkan kinerja penanganan tindak pidana korupsi oleh pihak kepolisian dan kejaksaan,” imbuhnya. (yulian)