Monday, 19 November 2018

Sumbat Air, Beton Penutup Saluran Dibongkar

Senin, 29 Desember 2014 — 18:00 WIB
Bongkar Intrit

KALIDERES (Pos Kota) – Beton penutup saluran atau inrit yang dibangun warga di atas saluran penghubung, sepanjang sekitar 700 meter di Jalan Kamal Benda di RT 003/09 Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) dijebol aparat Satpol PP Kecamatan Kalideres.

Keberadaan inrit yang menutup saluran tersebut, menjadi biang terjadinya genangan. Aliran air menjadi tersumbat atau mampet, karena tidak bisa dikuras atau dibersihkan. “Inrit yang dibangun warga, kami jebol dan dibongkar karena menimbulkan saluran mampet,” jelas Camat Kalideres, Zery Ronazy didampingi Wakil Camat, Mujianto dan Lurah Tegal Alur, Anik Sulastri, Senin (29/12) saat memimpin pelaksanaan refungsi saluran.

Camat Kalideres mengatakan pembongkaran inrit di kawasan tersebut dalam rangka refungsi saluran. Selama ini aliran air di lokasi tersebut tidak dapat berjalan lancar akibat banyaknya endapan lumpur dan sampah serta tersumbat. Sehingga setiap kali hujan menimbulkan genangan di jalan. “Saluran langsung dibersihkan dan dikuras endapan lumpurnya, diharapkan nantinya dapat meminimalisir genangan,” kata Zery.

Lurah Tegal Alur, Anik Sulastri menambahkan saluran di Jl Kamal Benda merupakan perbatasan antara wilayah Jakarta Barat dengan Kamal Muara, Jakarta Utara. Setiap rob datang, selalu terjadi genangan karena saluran air tidak berfungsi optimal akibat tersumbat adanya inrit yang dibangun warga.

“Warga menutup saluran tanpa membuat bak control, akibatnya menyulitkan pengurasan,” ujarnya. (tarta/d)

foto: Petugas tengah membersihkan saluran Jl Kamal Benda, Jakarta Barat (Jakbar) setelah pembongkaran inrit. (tarta)