Wednesday, 24 July 2019

Antisipasi Banjir, Warga Pademangan Bersih-bersih

Minggu, 4 Januari 2015 — 18:11 WIB
Kerja Bakti Di RW 13 Pademangan Barat

PADEMANGAN (Pos Kota) – Mengantisipasi banjir saat musim hujan seperti sekarang ini, seluruh RT dan RW se-Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, secara rutin  melakukan kerja bakti lingkungan.

Sasaran kerja bakti yaitu saluran air dan lingkungan warga, seperti yang dilakukan di RW 13, Minggu (04/1)).

Sucipto,39, RT 003/13 Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara mengatakan aksi bersih-bersih ini merupakan murni ide dari masyarakat. “Mereka khawatir, jika lingkungannya kotor akan menimbulkan penyakit. Begitu pula jika saluran mampet pasti akan menyebabkan terjadinya banjir dan genangan, maka dari itu kami secara bersama-sama melaksanakan kerjabakti bersih-bersih lingkungan,”‘katanya.

Dia juga mengatakan, selain menciptakan lingkungan yang bersih,  kerja bakti juga digunakan sebagai  sarana silahturahmi antar warga atau tetangga kiri kanan. Diharapkan dengan cara ini persatuan antara warga yang satu dengan lainnya akan semakin erat.

“Budaya bersih harus digalakan, karena jika lingkungan bersih akan terlihat indah sehingga bibit penyakit DBD dapat dihindari,”kata Sucipto.

Sementara itu Lurah Pademangan Barat, Royto Harahap, menambahkan aksi kerja bakti atau yang sering disebut juga sebagai gotong royong itu adalah agenda rutin di Kelurahan Pademangan Barat. Dalam kegiatan ini selain membersihkan saluran air  lewat kerja bakti adalah terjalinya kerjasama dan kebersamaan di antara warga.

“Lewat kegiatan kerja bakti bersama masyarakat tersebut tentu saja dapat mempereerat jalinan silahturahmi antar kami dengan masyarakat serta lewat bersuih-bersih ini, maka lingkungan tetap bersih, indah dan nyaman.

“Keterlibatan masyarakat sangat penting dalam setiap program pemerintah. Mewujudkan Jakarta Utara bersih dari sampah diwujudkan secara nyata dengan terjun langsung bersama warga memberesihkan sampah baik yang ada  disaluran air maupun lingkungan,” tambah Royto.  (wandi/d)

Foto: Sejumlah warga mengakut karung sampah saat gelar aksi bersih-bersih lingkungan. (Wandi)

  • Mangap

    saluran air yang belum selesai semoga bisa segera selesai. dan dekat pintu air kalimati agar bisa ditinggikan agar tidak meluber