Saturday, 22 September 2018

Sirkuit Sentul Berbenah Sambut 4 Balapan Dunia

Rabu, 7 Januari 2015 — 11:13 WIB

BOGOR (Pos Kota) – Sirkuit Internasional Sentul di Bogor Jawa Barat berbenah dalam menyambut empat event dunia yang akan berlangsung pada bulan Mei, Juni, Agustus dan Septemer 2015.

Dipercaya untuk menyelenggarakan event dunia, membuat bangga manajemen PT Sarana Sirkultindo Utama, selaku pengelola Sirkuit Sentul Internasional Bogor.

Pihak pengelola Sirkuit, kini mempersiapkan agenda, agar berlangsung aman, lancar demi mengharumkan nama bangsa.
Namun sebelum berlangsung event Internasional pertama “Present Formula Master Indoonesia Round” pada tanggal 23-24 Mei, manajemen PT Sarana Sirkultindo Utama, selaku pengelola Sirkuit Sentul menyiapkan sejumlah agenda.

Diantaranya, balap motor nasional IRS seri 1,2 dan 3, Sentul D2 (Drag Race dan Drag Bike) seri 1 dan 2 serta Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) seri 1 dan 2.

Tinton Suprapto, Direktur PT Sarana Sirkultindo Utama kepada wartawan di kantor Sirkuit Sentul Bogor mengatakan, empat event dunia ini, telah dikoordinasikan dengan pemerintahan Joko Widodo melalui Menteri Pemuda dan Olahraga RI. “Ini kesempatan kita promosikan wisata tanah air ke wisatawan manca negara,”kata Tinton.

Ia mengaku, agenda Internasional kedua yakni, “Asia Road Race Chamionship pada tanggal 6-7 Juni dlanjutkan dengan “Balap Internasional Ferrari Chalenge Asia Pasifik” pada tanggal 1-2 Agustus.

“Dari semua event dunia ini, saya yakin, event terakhir yakni, “Balap Internasinal Lamborghini” yang berlangsung tanggal 5-6 September
akan penuh wisatawan. Kenapa?, karena pesertanya pembalap dunia yang sudah pasti menyedot perhatian dunia,”paparnya.
Tinton berkeyakinan, sirkuit Sentul dengan panjang 4 Km dan memiliki 12 tikungan ini, akan sangat menantang bagi peserta balap.

Menurut Tinton yang juga Ketua Yayasan Pembela Tanah Air (YAPETA) pusat ini, sejak Sirkuit Sentul di operasikan tanggal 22 Agustus 1993 lalu, pihaknya sudah banyak menggelar turnament dunia.

Idil Ftriyanto, manager pemasaran PT Sarana Sirkultindo Utama menambahkan, sirkuit Sentul yang di desain oleh seorang arsitek Belanda ini dibangun pada tahun 1989 oleh PT Istaka Karya.

“Balapan formula mengawali opening sirkuit ini pada tahun 1993 lalu,”ujar Idil sambil menambahkan, event akan ditutup dengan balapan “Indonesian Sentul Series of Motorsport” seri 6 yang berlangsung 28-29 November.

(yopi/sir)