Saturday, 24 August 2019

Satgas Pamtas Kostrad Amankan Ribuan Botol Miras

Senin, 12 Januari 2015 — 11:04 WIB
Foto- Ribuan botol miras yang diamankan Satgas Pamtas saat digelar. (pen-kostrad)

Foto- Ribuan botol miras yang diamankan Satgas Pamtas saat digelar. (pen-kostrad)

NUNUKAN (Pos Kota) – satuan tugas (Satgas) Pamtas Yonif Linud 433 Kostrad/Julu Siri saat serahkan 1.170 botol miras illegal ke Bea Cukai Nunukan (1812). Sejak bertugas di wilayah perbatasan, Satgas pamtas telah amankan 9000 botol lebih miras ilegal dari Malaysia.

Penangkapan minuman keras dari Tawau, Malaysia yang dilakukan Satuan Tugas Pengaman Perbatasan Satgas Pamtas Yonif 433/Julu Siri sejak bertugas di Nunukan, Kalimantan Utara, empat bulan terakhir mulai membawa hasil.

Bandar miras di Nunukan pun mulai frustasi menghadapi sepak terjang Satgas Pamtas yang terus menangkapi peredaran miras ilegal dari Malaysia di Kabupaten Nunukan.

Salah satu bandar miras, seorang ibu yang biasa berjualan di area Pelabuhan Tunon Taka bahkan mengancam akan membuka baju, jika petugas terus menerus melakukan penangkapan.

“Itu kejadian beberapa waktu lalu waktu kita baru dua bulan bertugas di sini. Yang mengalami anggota di lapangan. Seorang ibu protes karena ditangkepi terus. Yang ditangkepi kebetulan ibu ini terus. Dia kesel, sore ditangkep, malam ditangkep, siang ditangkep, hari minggu ditangkap juga,” kata Komandan Satgas Pamtas Yonif Linud 433/ Julu Siri Letkol Inf Agustatius Sitepu.

“Pas malam dia banting mirasnya hancur semua sambil mengeluh, ini susah banget petugas kok tidak bisa diajak koordinasi. Dia mengaca, kalau mau tangkap lagi saya buka baju ni. Daripada ibu ini buka baju anggota terpaksa menghindar. Kejadiannya di
Pelabuhan Tunon Taka,” ujar Agustatius.

“Miras ini kan tipiring, capek nyari pelakunya. Begitu ketangkep cuma wajib lapor. Lebih bagus tangkepi terus bangkrut sendiri dia. Karena laporannya sudah dua bos miras bangkrut,” imbuh Agustatius Sitepu.

Di awal tahun 2015 saja, Satgas Pamtas sudah mengamankan 500 botol miras hasil penangkapan di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan.

Sejak bertugas empat bulan lebih di wilayah perbatasan Nunukan, Satgas Pamtas Yonif Linud 433/Julu Siri telah mengamankan lebih dari 9.000 botol lebih miras ilegal dari Malaysia.

(pen-kostrad/sir)