Sunday, 15 September 2019

DPR Tetap Lakukan Fit and Proper Test Terhadap Budi Gunawan

Selasa, 13 Januari 2015 — 16:26 WIB
Komjen Budi Gunawan

Komjen Budi Gunawan

JAKARTA (Pos Kota) – Meski  Komjen Budi Gunawan sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun Komisi III DPR untuk melanjutkan agenda proses  fit and proper test sebagai calon Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi. Bahkan, sore ini Selasa, (13/1) Komisi III hari ini  mengagendakan kunjungan ke kediaman Budi Gunawan pada pukul 16.00 untuk mengecek kondisi keluarga dan gaya hidupnya.

“Hari ini jam empat kita ke sana (ke rumah Budi Gunawan), dan besok, Rabu (14/1) kita lanjutkan fit and proper test. Berita soal tersangka iti sama sekali tidak menghambat proses yang telah diagendakan Komisi III,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa, di DPR,  Selasa (13/1).

Menurut Desmond, keputisan itu diambil setelah mayoritas (8 fraksi) setuju proses dilanjutkan, dua frakai tidak setuju.  “Delapan fraksi setuju proses dilanjutkan dan dua fraksi berpendapat beda. Dua fraksi yang beda itu Fraksi Partai Demokrat dan PPP,” kata Desmond.

Desmond mengatakan, Fraksi Partai Demokrat meminta proses ditunda dan meminta Presiden agar  mengusulkan nama baru pengganti Komjen Pol Budi Gunawan. Sedangkan PPP meminta proses fit and proper menunggu penjelasan KPK terleboh dulu.

Delapan fraksi yang minta dilanjutkan, pertimbangannya adalah untuk mengetahui kredibilitas dari calon apakah memang layak diipilih atau tidak. Selain itu juga melihat penetapan KPK apakah murni masalah hukum atau ada nuansa politiknya. “Kita kan melihat pengalan, KPK telah menetapkan tersangka mantan Ketua BPK Hadi Pirnomo, ternyata sampai zemarang tidak ada tjndak lanjutnya,” kata Desmond. (winoto)