Saturday, 18 August 2018

Petugas Kebersihan Butuh Perhatian

Senin, 19 Januari 2015 — 9:52 WIB
Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

CEMPAKA PUTIH (Pos Kota) – Sejumlah petugas kebersihan di DKI Jakarta, nasibnya masih memprihatinkan dan butuh perhatian pemerintah. Lantaran, kebutuhan hidup dan tanggung jawab tinggi yang dilakukannya itu tidak sesuai dan jauh dari upah layak yang ada.

Hal itu, juga sebagaimana dikeluhkan ke Redaksi Pos Kota melalui SMS Aspirasi Warga Jakarta. Adapun isinya; “Tolong diperhatikan nasib kami petugas kebersihan di Rw 04, Kel. Cempaka Putih Timur, karena kami digaji hanya 400 ribu perbulan. Mohon untuk bapak Gubernur meninjau
nasib kami. Terima kasih”. (081311436xxx)

Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Suku Dinas (Sudin) Kebersihan Jakarta Pusat, Marsigit, mengatakan bahwa petugas kebersihan begitupun Petugas harian lepas (Phl) sudah mendapat honor
sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta.

“Baik itu petugas tetap atau Phl yang ada di kecamatan atau di kelurahan sudah kita bayar sesuai UMP senilai Rp2,4 juta perbulan, kalau memang ada yang sebesar itu (Rp400 ribu, red) saya rasa tidak ada,” tegasnya.

Ditambahkan Marsigit, Sudin Kebersihan Jakarta Pusat memiliki 1.614 Petugas harian lepas. Selain membersihkan sampah di jalan, sambungnya, para petugas tersebut juga membersihkan sampah yang ada di saluran dan taman-taman di Jakarta Pusat. “Kalau untuk jumlah, saya rasa cukup,” jelasnya. (deny)