Monday, 12 November 2018

Pangdam Jaya Susuri Ciliwung Sepanjang 30 Km

Selasa, 20 Januari 2015 — 15:58 WIB
Foto- Pangdam Jaya, Mayjen TNI Agus Sutomo menyusuri Kali Ciliwung. (pendam jaya)

Foto- Pangdam Jaya, Mayjen TNI Agus Sutomo menyusuri Kali Ciliwung. (pendam jaya)

JAKARTA (Pos Kota) – Hujan dan derasnya arus aliran Kali Ciliwung tidak menjadi halangan terhadapi Panglima Kodam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Agus Sutomo, yang dengan semangat menyusuri aliran sungai yang berpengaruh di DKI Jakarta, Selasa (20/1/2015).

Kali Ciliwung mempunyai sejarah panjang. Terbentang dari hulu yang terletak di daerah Bogor hingga kawasan hilir di pantai utara Jakarta, Sungai Ciliwung mempunyai panjang 120 Km dengan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) 387 Km2. Dahulu, Sungai Ciliwung menjadi salah satu sumber kehidupan masyarakat Jakarta dan menjadi habitat berbagai jenis ikan.

Akan tetapi, saat ini banyak masalah menghinggapi Ciliwung. Seperti yang sudah diketahui, sejak bermekarannya berbagai pembangunan rumah, perkantoran, serta kawasan bisnis lainnya, Kali  Ciliwung dipandang sebelah mata.

Sampah, serta limbah dari berbagai tempat dibuang di Kali  Ciliwung. Masalah bertambah besar ketika sampah-sampah yang ada menyumbat aliran air, mengakibatkan sungai berbau, kotor dan yang menjadi momok warga Jakarta yaitu terjadinya banjir.

Oleh karena itu,  Pangdam Jaya menyerukan pada  tahun 2015 ini prajurit Kodam Jaya harus fokus menormalisasi sungai ciliwung. Dengan menggunakan perahu LCR Pangdam Jaya menyusuri 30 KM Kali Ciliwung dari titik start Rindam Jaya, Condet hingga berakhir di Pintu air Manggarai.

Dalam kesempatan ini juga Pangdam Jaya menyempatkan diri untuk berkomunikasi dan berdialog langsung dengan warga sekitar,  yang dengan sangat antusias menyampaikan rasa terima kasih serta ungkapan haru atas kepedulian Kodam Jaya,  yang menormalisasi Ciliwung hingga saat ini Ciliwung mulai kembali bersinar bersih tanpa sampah dan untuk mewujudkan tercapainya Ibukota yang bersih, sehat, asri dan lebih baik.

“Bersihkan Sungai Ciliwung secara maksimal tanpa ada bekas sampah yang tersisa, lalu setelah pembersihan Ciliwung agar para RT dan RW dapat memberikan arahan kepada warganya,  agar tidak membuang sampah sembarangan lagi,  sehingga kebersihan Ciliwung dapat tetap terjaga dan kepada para Danramil dan anggota Babinsa agar berpatroli setiap hari di sepanjang aliran Sungai Ciliwung,  sesuai dengan batas sektor masing-masing,” ujar Pangdam Jaya.

Pangdam Jaya berharap,  nantinya  Ciliwung kembali bersih, indah dan rapi yang terbebas dari sampah, yang hijau dan asri dengan pepohonannya serta ke depannya diharapkan di sekeliling Cciliwung nantinya akan dibangun fasilitas rest area/sarana rekreasi keluarga,  Sungai Ciliwung yang mempunyai tempat-tempat pemancingan, air mancur yang akan menjadi eko wisata SungaiCciliwung sebagai alternatif sarana transportasi air di Jakarta.

Turut mendampingi Pangdam Jaya dalam kegiatan ini Danrindam Jaya, segenap Asisten dan Kabalak Kodam Jaya serta prajurit Kodam Jaya.

Kapendam Jaya
Letnan Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo

  • andregiggs

    kepedulian TNI
    utk kepentingan masyarakat sangat
    tinggi, seluruh masyarakat juga harus memiliki kesadaran utk menjaga agar
    ciliwung bukan lagi sebagai tempat pembuangan sampah dan tempat tinggal