Sunday, 18 November 2018

263,78 Kg Sisik Trenggiling Gagal Diselundupkan ke Hongkong

Senin, 26 Januari 2015 — 21:59 WIB
Sisik trenggiling dikemas dengan paket warna coklat gagal diselundupkan ke Hongkong

Sisik trenggiling dikemas dengan paket warna coklat gagal diselundupkan ke Hongkong

BOGOR (Pos Kota) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Bogor BKSDA , Jawa Barat, Senin (26/1) siang dari Kantor Pos Cibinong, Jalan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor mengamankan ribuan sisik Trenggiling (manis javanica).

Ribuan sisik trenggiling tersebut dikemas  dalam 14 paket besar. Paket warna cokelat berisi sisik trenggiling ini, akan diselundupkan ke Hongkong.

“Awalnya kita dapat informasi dari Kantor Pos Cibinong, ada paket diduga sisik trenggiling. Kami datang dan periksa, dan ternyata benar,”kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Bogor BKSDA Jawa Barat, M. Ari Wibawanto.

Dalam data, pengirimnya berasal dari Bogor.¬† Setelah ditimbang, tiap paket berisi 18,87 Kg sisik trenggiling. “Sebanyak 14 paket itu, isinya sisik trenggiling. Totalnya 263,78 Kg,” paparnya.

Ari Wibawanto mengaku, harga jual sisik trenggiling cukup tinggi. Manfaatnya, bisa untuk bahan kosmetik, obat kuat hingga bahan untuk membuat sabu.

“Satu sisik tringgiling itu dijual 1 dollar amerika. Karena nilai jual tinggi, maka aksi penjualannya semakin marak,”ungkapnya. Atas temuan ini, Ari menegaskan, pihaknya masih melakukan pengembangan.

“Siapa pengirimnya, belum kami buka . Barang-barang ini baru kami sita sekitar pukul 13.00 Senin (26/1).¬† Kami berjanji akan melanjutkan kasus ini,”kata Ari di kantor BKSDA Wilayah 1 Bogor, Keradenan, Bogor.

Jika terbukti, terhadap pelaku akan dijerat Pasal 21 dan 40 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konsevasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dengan ancaman pidana penjara 5 tahun. (yopi)