Sunday, 18 November 2018

Bambang Widjajanto Hanya Ajukan Mundur Sementara Dari KPK

Senin, 26 Januari 2015 — 17:47 WIB
Bambang Widjajanto

Bambang Widjajanto

JAKARTA (Pos Kota) – Bambang Widjojanto mengajukan surat pengunduran diri dari posisinya sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (26/1). Ini terkait statusnya sebagai tersangka kasus dugaan mempengaruhi saksi untuk menyampaikan keterangan palsu dalam sidang sengketa Pilkada Kotawaringan Barat di Mahkamah Konstitusi (MK), 2010 silam.

“Saya sudah membuat surat, surat itu permohonan pemberhentian sementara, isi surat itu kira-kira saya mendapatkan surat panggilan sebagai tersangka untuk diperiksa¬† 20 Januari dan dikualifikasi sebagai tersangka,” kata Bambang, Senin (26/1) sore.

Meski demikian, ia menjelaskan, dalam suratnya itu juga ada bantahan soal kasus yang kini sedang ditangani oleh Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI (Bareskrim Polri) tersebut. Menurutnya, kasus tersebut hanyalah rekayasa.

“Alinea kedua, saya meyakini, kasus yang ditujukan ke saya diada-adakan, direkayasa, fakta-faktanya fiktif, saya meyakini seperti itu,” ujarnya.

Adapun pengajuan pemberhentian sementara dilakukannya berdasar Pasal 32 ayat 2 Undang-Undang (UU) nomor 30 tahun 2002 tentang KPK yang menyatakan seorang pimpinan KPK diberhentikan sementara jika dinyatakan sebagai tersangka. “Saya tunduk pada konsitusi, UU dan kemaslahatan kepentingan publik, sebabnya saya mengajukan surat itu dengan alasan di atas kepada pimpinan KPK,” ucapnya.

Selanjutnya, ujar Bambang, persetujuan boleh tidaknya ia mundur dia serahkan kepada tiga pimpinan KPK lainnya yang saat ini masih menggelar rapat membahas hal tersebut. “Biar pimpinan KPK yang akan menentukan lebih lanjut. Jadi saya mengajukan surat itu kepada pimpinan KPK biar pimpinan KPK yang akan menentukan lebih lanjut pemohonan itu karena saya komisioner harus bertindak secara kolegial. Saya duga pimpinan KPK sedang melakukan rapat, mudah-mudahan ada kejelasan apa yang jadi keputusan,” imbuhnya. (yulian)