Thursday, 23 November 2017

Masyarakat Tidak Perlu Cemas

Moeldoko: TNI Siap Jaga Stabilitas Keamanan

Jumat, 6 Februari 2015 — 13:26 WIB
Foto- Panglima TNI, Jenderal TNI Dr Moeldoko.  (rizal)

Foto- Panglima TNI, Jenderal TNI Dr Moeldoko. (rizal)

JAKARTA (Pos Kota) – Panglima TNI, Jenderal TNI Dr Moeldoko dengan tegas mengatakan tidak ingin mengomentari kisruh antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Polri. Sebab, TNI hanya memberikan jaminan untuk tetap menjaga keamanan di dalam negeri.

“Prinsipnya, TNI siap menjaga stabilitas keamanan,” ujar Moeldoko , didampingi Kasad, Jenderal TNI Gator Nurmantyo, Kasal dan Kasau, selepas berolahraga bersama prajurit¬† di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (6/2/2015) pagi

Moeldoko meminta masyarakat untuk tidak cemas terhadap berbagai isu yang berkembang antara Polri dan KPK, untuk memberi rasa aman TNI siap diturunkan. “Masyarakat tidak usah ragu, cemas, TNI masih ada dan siap memberi rasa aman,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Moeldoko, TNI tidak akan melibatkan diri dalam perseteruan KPK dan Polri. Namun sikap itu nantinya tergantung pada putusan presiden selaku pemegang kekuasaan tertinggi, jika memang nanti memberi kebijakan kepada TNI.

“Jika presiden memberi instruksi kami turun, kami akan melakukan operasi militer selain perang,” ungkapnya.

Operasi militer yang dimaksud Moeldoko disini adalah, upaya TNI untuk mengembalikan situasi yang kondusif dalam bingkai NKRI seutuhnya. “Pedoman kita adalah Presiden,” tandas Moeldoko.

Moeldoko mengatakan seorang pemimpin bisa dekat dengan bawahannya. Pemimpin juga harus memahami kondisi bawahan yang ada di jajarannya. “Atasan harus dekat dengan anak buahnya. Jangan hanya Kodamar, komandan dalam kamar,” katanya.

Pengalima menegaskan, kedekatan pemimpin dengan anak buah amat penting. Dengan kedekatan itu, seorang pimpinan bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapi bawahannya di lapangan. “Tidak boleh bawahan memecahkan masalah sendiri, pemimpin harus memecahkan masalah,” papar Moeldoko.

Terkait itu, TNI akan terus meningkatkan tali silaturahmi dalam jajarannya. Salah satunya dengan olahraga rutin tiap bulan. Dia berharap dengan adanya acara ini soliditas di kalangan prajurit akan terjadi. Moeldoko pun berharap, ego sektoral di tiap matra TNI juga semakin menipis.

“Hilangkan ego sektoral karena akan membawa pelemahan,” tegasnya.

(rizal/sir)