Saturday, 22 September 2018

Hari Libur, Pangdam Jaya Telusuri Ciliwung

Minggu, 8 Februari 2015 — 13:14 WIB
Foto-Pangdam Jaya, Mayjen TNI Agus Sutomo telusuri Kali Ciliwung. (pendam jaya)

Foto-Pangdam Jaya, Mayjen TNI Agus Sutomo telusuri Kali Ciliwung. (pendam jaya)

JAKARTA (Pos Kota) – “Sungai ciliwung yang dahulu indah, bersih dan mempesona sehingga menjadi salah satu icon kota Jakarta, saat ini sungai ciliwung terlihat seakan tak terawat jorok, kotor, bau dan tidak sehat karena masyarakat Jakarta yang tinggal di bantaran sungai membuang sampah semua di air.”

Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Agus Sutomo beserta Ny. Minurlin Agus Sutomo didampingi Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Rudianto, Aspers Kasdam Jaya, Asrendam Jaya, Kapaldam Jaya, Kazidam Jaya, Waaster Kasdam Jaya, Dandim 0505/JS, Dandenjasa, pabandya Bek Slogdam, Kasdim 0505/JS beserta segenap pengurus Persit KCK PD Jaya menelusuri Kali Ciliwung di mulai dari jembatan Kalibata hingga pintu air Manggarai, Jakarta Selatan, Minggu (8/2).

“Selaku Panglima Kodam Jaya, saya memiliki tanggung jawab dan berusaha semaksimal mungkin untuk menormalisasi Ciliwung selama satu tahun dengan program triwulan l mengangkat sampah dibantaran sungai dan tindakan prefentif agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai, tetapi membuang sampah di drum sampah yang ada dirumah masing-masing dan tindakan represif dengan Cara padat karya memperkerjakan masyarakat kurang lebih 300-500 orang dicentral tempat penumpukan sampah setiap hari kecuali hari minggu serta karya bakti skala besar,” jelas Pangdam Jaya.

Lebih lanjut pada triwulan II akan dilaksanakan kegiatan mengeruk lumpur didasar sungai yang berisi sampah yang telah mengendap, disamping itu pengumpulan sampah yang ada akan tetap berjalan.

Pada triwulan III mulai melakukan pembangunan fasilitas pendukung diantaranya jogging track, Rest area, dermaga dan tempat pemancingan umum sehingga kedepan dapat dinikmati oleh masyarakat Jakarta.

Intinya Kali Ciliwung akan menjadi hijau, rindang, bersih, sehat dan indah sehingga dapat dijadikan tempat wisata, rekreasi keluarga bahkan dapat menjadi salah satu alternatif sarana transfortasi air.

Pangdam Jaya mengimbau agar rekan media turut membantu mempublikasikan program yang sangat baik dan positif ini agar masyarakat bisa berkunjung ke sungai Ciliwung serta Pangdam Jaya memohon doa dan dukungan semua masyarakat Jakarta agar tujuan dan impian Jakarta yang lebih indah bisa terwujud.
Kapendam Jaya
Letnan Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo