Saturday, 22 September 2018

Pendaftaran SNMPTN Dibuka 13 Februari

Senin, 9 Februari 2015 — 22:04 WIB

JAKARTA (Pos Kota)- Pekan depan tepatnya  13 Februari 2015, pendaftaran mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai dibuka. Proses pendaftaran maupun seleksi akan dilakukan sepenuhnya melalui online.

“Ini adalah jalur tanpa tes. Calon mahasiswa akan diseleksi melalui laporan hasil belajar selama di SMA atau SMK,” jelas Ketua Panitia Penerimaan SNMPTN 2015 Rochmat Wahab, Senin (9/2).

Bagi mereka yang berminat, sekolah bisa mendaftarkan diri melalui portal www.snmptn.ac.id. Seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah melalui dana APBN.

Rochmat mengingatkan sekolah yang menginginkan siswanya bisa mengakses jalur SNMPTN tersebut terlebih dahulu harus terdaftar pada pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).

Pendaftaran ke PDSS dilakukan pada kurun 22 Januari-12 Maret 2015. Tanpa terdaftar dalam PDSS maka sekolah tidak bisa mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN.

Setelah sekolah dan siswa terdaftar dalam system PDSS, selanjutnya kepala sekolah akan mendapatkan password untuk setiap siswanya. Password inilah yang nantinya digunakan untuk verifikasi siswa terkait data rekam jejak prestasi akadmeik yang diisikan oleh pihak sekolah.
Tahun ini SNMPTN diikuti oleh 63 PTN. Sedang 14 PTN baru hanya boleh menerima mahasiswa baru melalui jalur tes atau SBMPTN.

Terkait daya tampung, Rochmat memastikan bahwa tidak ada perubahan mencolok pada jumlah daya tampung yang disiapkan panitia atau perguruan tinggi pesrta dibanding tahun lalu. Yakni 137.781 daya tamping dari berbagai program studi.

Rochmat juga memastikan bahwa hasil ujian nasional (UN) kemungkinan besar tidak digunakan sebagai penentu SNMPTN tetapi sifatnya hanya menjadi bahan pertimbangan saja. Apalagi pemerintah sendiri sudah memutuskan untuk tidak menjadikan hasil UN sebagai penentu kelulusan.
Hasil seleksi SNMPTN rencananya akan dilakukan 9 Mei 2015 dan selambatnya 9 Juni peserta yang dinyatakan lolos bisa melakukan daftar ulang pada PTN yang dimaksud. (inung)