Wednesday, 18 September 2019

Mampang Prapatan Prioritas Pembangunan Sumur Resapan

Jumat, 13 Februari 2015 — 17:20 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, menjadi prioritas pembangunan sumur resapan oleh Dinas Tata Air DKI Jakarta. Tujuannya, menanggulangi banjir di kawasan ini.

“Pembangunan sumur resapan tahun ini dianggarkan Rp50 miliar bertujuan menanggulangi banjir dan genangan air yang kerap melanda Ibukota di saat musim hujan,” kata Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Agus Priyono, Jumat (13/2).

Kendati sudah dianggarkan Rp50 miliar, Dinas Tata Air DKI hingga kini belum menargetkan jumlah unit sumur resapan dengan kedalaman rata-rata sekitar 20 meter yang akan dibangun. Jakarta Selatan menjadi prioritas sumur resapan untuk mengisi pori-pori tanah yang dieksploitasi airnya. Jadi bukan untuk drainase.

Sementara itu Kasudin Tata Air Jaksel, Dedy Budiwidodo menjelaskan jika Dinas Tata Air DKI memprioritaskan Mampang Prapatan, pihaknya justeru memfokuskan pembangunan sekitar 35 titik sumur resapan (sumur injection) dengan kedalaman 30-40 meter di kawasan Jagakarsa antara lain di Jalan Pasir dan Jalan Kahfi.

“Rencana pembuatan sumur resapan di Jagakarsa ini sudah kami usulkan ke Wagub DKI agar bisa kordinasi dengan Pemkot Depok sehingga bisa mengurangi pasokan air ke Jakarta,” ujar Deddy.

Ia beralasan pemilihan Jagakarsa lantaran sebelumnya merupakan daerah pertanian dan irigasi yang berfungsi mengaliri. Di saat hujan, banyak terjadi genangan karena di Jagakarsa tidak ada kali besar. Sedangkan saluran yang ada sebelumnya merupakan irigasi. (rachmi)