Tuesday, 12 December 2017

Ketua DPR Janji Perppu Pimpinan KPK Dibahas Usai Reses

Rabu, 18 Februari 2015 — 19:12 WIB
Ketua DPR Setya Novanto

Ketua DPR Setya Novanto

JAKARTA (Pos Kota)- Ketua DPR Setya Novanto menyatakan, keputusan Presiden mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) untuk mengangkat pimpinan KPK Sementara merupakan langkah yang sudah seharusnya ditempuh. Sebab, pimpinan KPK tinggal dua orang, setelah Abraham Samad dan Bambang Widjajanto ditetapkan menjadi tersangka oleh Bareskrim Polri.

“Langkah itu untuk menjaga agar KPK tidak terganggu kerjanya. Selanjutnya, DPR akan menindaklanjuti Perppu itu sesuai ketentuan UUD 1945, yakni untuk mendapat pendapat DPR, ” kata Novanto, Rabu (18/2).

Nivanto memberi catatan, berdasarkan Perppu tersebut pimpinan sementara KPK akan bertugas sampai sampai terpilihnya pimpinan KPK definitif pada Oktober 2015.

Menurut Novanto, sesuai dengan ketentuan dalam UUD 1945, Perppu harus diajukan Presiden ke DPR untuk dibahasĀ  pada masa sidang berikutnya. Dalam hal ini DPR akanĀ  membetikan persetujuan atau penolakan. “Ini mekanisme formal untuk pembentukan Undang-Undang,” ungkapnya. (winoto)