Wednesday, 26 September 2018

Menag Usulkan Ongkos Haji Tahun Ini Turun Rp332.800

Jumat, 20 Februari 2015 — 15:22 WIB
Foto- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (ist)

Foto- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin,  mengaku telah menyampaikan usulan penurunan BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji), atau ongkos haji tahun ini kepada DPR sebesar 26 dolar Amerika Serikat (AS), atau Rp332.800,- (1 dolar AS sama dengan Rp12.800,-).

“Jadi kita sudah mengusulkan penurunan harga BPIH untuk musim haji tahun ini kepada DPR sebesar 26 dolar AS,” papar Lukman di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (20/2).

Ia mengatakan secara umum BPIH musim haji Tahun 2014 rata-rata di 12 embarkasi sebesar 3.219 dolar AS, dan tahun ini diusulkan sebesar 3.193 dolar AS. “Jadi BPIH tahun ini sudah diusulkan diturunkan dibandingkan tahun lalu,” papar Lukman.

Lukman mengakui penurunan BPIH karena penurunan harga minyak dunia. “Mudah-mudahan rupiah semakin menguat terhadap dolar AS sehingga tidak begitu memberatkan calon jemaah haji,” terang Lukman.

Ia menambahkan pembahasan BPIH ini secepatnya karena DPR sekarang ini sedang reses. “Kita akan berbicara dengan ketua komisi dan ketua Panja (Panitia Kerja) mungkinkah di masa reses ini agar rancangan BPIH ini dibahas,” tegas Lukman.

Namun, lanjut Lukman, kalau dalam masa reses rancangan BPIH tidak bisa dibahas, karena pada masa reses ini para anggota DPR mengunjungi daerah pemilihannya. “Jadi target kita bulan April rancangan BPIH sudah bisa disahkan,” jelas Lukman.

(johara/sir)

  • jiung

    pa menteri agama YTH ,saya usul :setiap pertahun pemerintah ada program naik haji 1000 orang gratis seluruh Indonesia,,