Wednesday, 26 June 2019

DKI Bakal Terapkan Tiket 5 in 1

Selasa, 24 Februari 2015 — 6:12 WIB
Penumpang Bus Transjakarta sekarang semunya menggunakan e-ticketing

Penumpang Bus Transjakarta sekarang semunya menggunakan e-ticketing

JAKARTA  (Pos Kota) – Pemprov DKI tengah mengembangkan sistem transportasi terintegrasi. Ke depan warga Jakarta tidak lagi perlu repot mengeluarkan ongkos setiap berganti kendaraan. Karena akan diterapkan sistem tiket 5 in 1.

Artinya, cukup dengan menggunakan satu kartu eletronik, warga dapat membayar ongkos setidaknya untuk lima moda angkutan.

Kelima moda itu adalah :

Kereta Rel Listrik (KRL)

Kopaja AC

Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB)

Mass Rapid Transit (MRT)

Transjakarta.

“Gabung semua pembayarannya. Kita nggak mau lagi ada tiket tercecer,” tandas Gubernur DKI Ahok, Senin (23/2).

Integrasi pembayaran tiket ini, diakuinya, akan menaikkan harga tiket. Tetapi, Pemprov DKI Jakarta akan menyubsidi harga tiket transportasi massal sehingga warga tidak perlu membayar mahal. Subsidi harga tiket transportasi massal akan diambil dari alokasi anggaran public service obligation (PSO).

TIKET ELEKTRONIK

Saat ini tiket elektronik (e-Ticketing) sudah diberlakukan di 12 koridor busway. Namun, Gubernur Ahok meminta PT Transjakarta terus menyempurnakannya. Pasalnya, sistem tersebut  belum bisa menghitung dan mencatat penumpang yang turun di setiap halte.

Menurut Ahok, dari laporan,  sistem e-Ticketing baru bisa  mencatat calon penumpang yang masuk melalui halte tertentu. “Jadi belum sempurna. Kami ingin nantinya sistem ini mencatat setiap penumpang keluar masuk sehingga diketahui mereka naik dan turun di mana ,” ujarnya, Senin (23/2).

Diungkapkan, data penumpang naik maupun turun dari Transjakarta sangat penting untuk bahan evaluasi bagi Pemprov DKI Jakarta.  “Kami mau bikin rute baru yang membuat orang tidak perlu naik turun bus transit, termasuk menyiapkan bus yang lebih banyak,” ungkapnya.

Untuk diketahui PT Transjakarta resmi menerapkan sistem e-Ticketing di seluruh koridor busway.  Peresmian 100 persen penerapan sistem e-Ticketing pada 12 koridor busway  digelar di Halte Busway Manggarai, Sabtu (21/2).

Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius NS Kosasih, mengatakan penerapan sistem pembayaran e-Ticketing di seluruh koridor busway diterapkan secara bertahap mulai 1 Agustus 2014 lalu.
“Kami akan terus menyempurnakan sistem. Ini merupakan masukan berharga untuk perbaikan sistem ke depan,” katanya. (guruh/john)