Saturday, 27 May 2017

Hari Ini, Abraham Samad Penuhi Panggilan Polda Sulselbar

Selasa, 24 Februari 2015 — 12:05 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Ketua KPK non-aktif, Abraham Samad, memenuhi panggilan Polda Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbae), Selasa (24/2/2015), Ia bersama kuasa hukumnya sudah tiba di Bandara Makassar, Sulawesi Selatan pukul 11.00 Wita, disambut rekan-rekannya dari lembaga bantuan hukum (LBH) dan Anti Corupption Commite (ACC).

Kedatangan Abraham Samad ke kampung halamannya, terkait pemanggilan Bareskrim Mapolda Sulselbar terkait kasus dugaan pemalsuan dokumen yang menjeratnya.

“Teman-teman, saya bukan malaikat. Tapi saya tidak pernah melakukan apa yang dituduhkan,” kata Samad di tengah massa. “Percayalah, saya tidak melacurkan jabatan dan posisi saya.”

Setelah itu, Samad dan tim kuasa hukumnya berangkat ke Mapolda Sulselbar. Pada hari ini adalah pemeriksaan pertama terhadap Samad. Pada pemanggilan pertama, ia tak hadir karena mengaku masih banyak acara di Jakarta.

Abraham Samad ditetapkan menjadi tersangka oleh pihak kepolisian setempat, atas kasus tersebut setelah Bareskrim Mabes Polri mendapat laporan dari seorang perempuan bernama Feriyani Lim pada awal Februari lalu.

Feriyani Lim sendiri lebih dulu dijadikan tersangka atas kasus serupa, setelah polisi mendapat laporan dari Chairil Chaidar Said, pria yang mengaku dari LSM Peduli KPK dan Polri.

Kasus yang semula ditangani oleh Bareskrim Mabes Polri itu kemudian dilimpahkan ke Polda Sulselbar, tempat kejadian perkara. Perkara sendiri terjadi pada Februari 2007, sebelum Abraham menjabat sebagai Ketua KPK.

(*/sir)