Saturday, 22 September 2018

ISIS ‘Hancurkan’ Patung-patung Kuno dari Zaman Assiria

Kamis, 26 Februari 2015 — 23:48 WIB
Video menunjukkan sejumlah pria menghancurkan patung-patung di museum Mosul.

Video menunjukkan sejumlah pria menghancurkan patung-patung di museum Mosul.

KELOMPOK yang menamakan diri Negara Islam, yang sebelumnya dikenal dengan ISIS, mengeluarkan video pada hari Kamis (26/02), yang memperlihatkan sejumlah anggota mereka menghancurkan artefak-artefak kuno di satu museum di Mosul, Irak utara.

Dalam video ini terlihat sejumlah pria merubuhkan patung-patung berukuran besar dan kemudian menghancurkan patung-patung ini dengan godam.

Salah satu yang dihancurkan adalah patung banteng bersayap dari zaman Assiria yang dibuat pada abad ke-9 Sebelum Masehi.

Suara yang menyertai video ini menyebutkan bahwa patung-patung ini adalah ‘berhala’ dan bahwa Nabi Muhammad memerintahkan penghancuran benda-benda seperti ini.

Video dengan panjang lima menit ini diunggah ke akun-akun sosial media yang terkait dengan ISIS.

Kantor berita Assosiated Press mengatakan meski belum bisa diverifikasi, video ini besar kemungkinan asli.

Sebelumnya kelompok ISIS menghancurkan beberapa tempat suci, termasuk tempat suci bagi umat Islam, dalam upaya untuk mencegah bidah atau praktik yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Beberapa kalangan juga meyakini ISIS menjual artefak-artefak kuno dengan nilai sejarah tinggi di pasar gelap untuk mendanai operasional mereka.

Mosul -kota terbesar kedua di Irak- dan Provinsi Nineveh jatuh ke tangan ISIS Juni 2014 setelah pasukan keamanan Irak gagal mempertahankan kawasan-kawasan tersebut.(BBC)