Tuesday, 25 September 2018

Di Tengah Maraknya Kasus Begal

Kapolda Metro Jaya Jamin Keamanan Warga

Jumat, 27 Februari 2015 — 10:51 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Unggung Cahyono, menjamin keamanan warga Jakarta di tengah maraknya kasus Begal yang mengancam keselamatan.

“Alhamdulillah situasi Kamtibmas di Jakarta kondusif. Saya juga sudah mengimbau pada kapolsek dan kapolres untuk menggelar Patroli dengan menyalakan rotator agar Jakarta terang benderang,” Kata Irjen Pol Unggung Cahyono, Jumat (27/2).

Kapolda menambahkan, hingga kini dalam rangka menjaga Kamtibmas, Kepolisian telah rutin setiap harinya menggelar patroli skala besar. Tak hanya itu, petugas di tingkat Polres pun terus dipertebal guna mengantisipasi maraknya kasus begal.

“Setiap malam pukul 21.00 kami menggelar apel patroli di Polda Metro Jaya kemudian disebar ke wilayah. Di tingkat Polres kami juga pertebal dengan mengerahkan 1SSK Dalmas serta 30 aparat gabungan dari Polda Metro Jaya,” kata kapolda.

PULUHAN

Dijelaskan kapolda , sepanjang tahun ini pihaknya telah menangkap puluhan pelaku kejahatan konvensional, termasuk begal. “Ada 93 orang yang sudah kami tangkap, yang 7 di antaranya terpaksa kami beri tindakan tegas,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Irjen Unggung, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya 14 senjata api, 149 senjata api rakitan, 120 motor, 167 HP, perhiasan emas dan 46 butir peluru.

Sementara itu Menteri Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy yang hadir di acara gelar kasus di Polda Metro Jaya, mengkritik kinerja Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono dalam menangani maraknya kasus Begal di Jakarta.

Yuddy mengatakan, maraknya aksi Begal semestinya bisa diantisipasi bila kepolisian bisa selalu hadir di tengah masyarakat.
“Kami berharap Polda Metro Jaya mampu mengendalikan situasi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat. Sehingga aksi Begal yang belakangan meresahkan dan main sendiri tak terjadi apabila kepolisian selalu hadir di Masyarakat,” kata Yuddy.

Menurut Yuddy, ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur keberhasilan kinerja kepolisian yakni, masalah tertib lalulintas, kemacetan, serta memberikan rasa aman.

(yahya/sir)

  • satria naradha

    pencitraan aja..