Friday, 23 August 2019

Dorong Agrowisata

Kementerian Koperasi dan UKM Bantu Rp100 Juta Koperasi Wisata

Jumat, 27 Februari 2015 — 10:19 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Mendorong pengembangan agrowisata di Pantai Selatan Depok, Parangtritis, Kab Bantul, Yogyakarta, Kementerian Koperasi dan UKM memberikan dana bansosRp100 juta kepada koperasi wisata Mina Bahari 45.

“Pemberian bantuan dana tersebut hanya sebagai ‘pemantik’ program saja,” jelas Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UMKM Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring, saat menjelaskan seputar kunjungannya ke Yogyakarta, Jumat (27/2).

Selanjutnya, koperasi wisata tersebut diharapkan bisa mandiri dan mampu mengakses pembiayaan dengan perhitungan bisnis melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).

Ia juga meminta koperasi Wisata Mina Bahari mensinergikan program pengembangan usaha dengan Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat.

Pembangunan agrowisata didasari dengan potensi sumber daya alam yang ada Pantai Selatan. Selama ini, Pantai Parangtritis masih mengandalkan destinasi budaya dan kuliner serta laut.

Ke depan bisa ditambah dengan adanya agrowisata yang bisa menjadi alternatif lain bagi wisatawan. “Potensi cukup luar biasa. Tidak banyak daerah dan koperasi yang punya peluang dan kesempatan seperti ini,” ujarnya.

Dalam pembangunan agriwisata bahari, dia menekankan aspek pengembangan berdasarkan konsep wawasan lingkungan, partisipasi masyarakat dan keberlanjutan.

“Tiga hal ini menjadi kunci. Kalau bisa dilaksanakan pasti akan berhasil,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Meliadi Sembiring.sempat meninjau Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok dan perahu nelayan yang merupakan bagian dari unit usaha koperasi wisata Mina Bahari 45.

“Untuk mendapat hasil yang maksimal, kapal nelayan ini perlu dilengkapi tempat es batu agar ikan hasil tangkapan bisa langsung dibekukan, sehingga punya nilai ekonomi yang lebih tinggi,” ujarnya.

(setiawan/sir)