Monday, 26 August 2019

Karang Taruna Diminta Lebih Aktif

Minggu, 1 Maret 2015 — 16:38 WIB
Lurah Pondok Labu, Siti Fauziah, bersama pengurus Karang Taruna Kelurahan Pondok Labu periode 2014-2017 diketuai Mahmudi. (rachmi)

Lurah Pondok Labu, Siti Fauziah, bersama pengurus Karang Taruna Kelurahan Pondok Labu periode 2014-2017 diketuai Mahmudi. (rachmi)

CILANDAK (Pos Kota) – Pengurus Karang Taruna Kelurahan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan diharapkan lebih berkontribusi dalam bidang sosial kemasyarakatan dan usaha ekonomi produktif (UEP) untuk mengurangi pengangguran.

“Karang Taruna sebagai agen pembangunan selayaknya memiliki inovasi yang jitu dalam membantu pemerintah untuk menekan jumlah pengangguran melalui usaha ekonomi produktif,” kata Camat Cilandak, Dhany Sukma, didampingi Lurah Pondok Labu, Siti Fauziah Ghozali, saat pengukuhan pengurus Karang Taruna Pondok Labu periode 2014-2017 diketuai Mahmudi, Minggu (1/3).

Sementara itu, Siti Fauziah yang juga penasehat Karang Taruna Kelurahan Pondok Labu berharap peran serta aktif para pengurus Karang Taruna melalui sinergitas dengan tokoh masyarakat dan aparatur pemerintahan. Khususnya dalam mengatasi masih maraknya pembuangan sampah sembarangan maupun mengurangi produksi sampah rumah tangga di Pondok Labu.

“Saya menekankan kepengurusan Karang Taruna periode ini diharapkan dapat ikut membangun Bank Sampah di RW 03 untuk mengurangi produksi volume sampah masyarakat,” ujar Siti.

Ketua Karang Taruna Pondok Labu periode 2014-2017, Mahmudi menjelaskan pihaknya berupaya memberdayakan remaja dan pemuda putus sekolah melalui kelompok tani yang menggarap pembibitan sayuran dan tanaman obat keluarga. Serta budidaya ternak lele.

“Selain budidaya pertanian dan ternak lele, kami optimis tahun ini dapat membangun Bank Sampah di RW 03 untuk meminimalisir sampah-sampah yang ada,” tandasnya.

Selain itu kepengurusan Karang Taruna Pondok Labu yang berkekuatan 40 orang juga aktif membantu aparat kelurahan untuk mengatasi banjir dan genangan, di antaranya melalui kegiatan bersih-bersih Jakarta Selatan. (rachmi)