Sunday, 23 September 2018

Warga Pademangan Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Minggu, 1 Maret 2015 — 17:10 WIB
Pengangkutan sampah hasil kerja bakti di Pademjngan, Jakarta Utara. (wandi)

Pengangkutan sampah hasil kerja bakti di Pademjngan, Jakarta Utara. (wandi)

PADEMANGAN (Pos Kota) – Ratusan warga dari dua kelurahan di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, menggelar aksi bersih-bersih saluran dan tumpukan wilayah. Kegiatan ini dilakukan selain untuk mengantisipasi genangan dan banjir juga mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Di RW 13 Pademangan Barat, ratusan warga membersihkan tumpukan sampah yang ada di saluran dan lingkungan. Lurah Royto Harahap mengatakan, gotong royong membersihkan ligkungan ini salah satu upaya mengatasi banjir.
“Mudah-mudahan kerja bakti ini banyak manfaatnya. Air dapat mengalir dengan lancar ke muara sehingga kalau hujan tidak meluap menggenangi pemukiman warga,” katanya.

Menurutnya, kerja bakti melibatkan seluruh komponen masyarakat muali dari pengurus RT, RW, LMK dan masyarakat. Kegiatan ini mendapatkan bantuan dari Sudin Kebersihan dengan mengangkut sampah dan puing bangunan untuk dibawa ke Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Hal sama dilakukan warga Pademangan Timur. “Bersih-bersih lingkungan ini rutin dilakukan masyarakat setiap satu minggui. Selain mencipatakan lingkungan bersih dan indah, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana bersilahturahmi antara warga,” kata Lurah Pademangan Timur, Agus Fahruddin. didampingi Ashari Alwi, Ketua RW 01.

Sementara itu Wakil Walikota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi, yang ikut serta dalam kegiatan ini mengaku sangat bangga dengan upaya masyarakat Pademangan dalam mengantisipasi banjir. Warga dan aparat kompak melakukan kerja bakti.

“Kegiatan ini memang harus dilakukan secara rutin. Saya nyakin jika seluruh warga menyadari arti kebersihan target 2015 Jakarta Utara bebas sampah dan meraih Adipura bisa terwujud. Makanya saat inilah waktunya kita bersama-sama peduli terhadap lingkungan. Jangan membuang sampah di sembarangan tempat terutama di kali atau di saluran air,” katanya. (wandi)