Saturday, 15 December 2018

Kapolres Jakbar: Tak Ada Unsur Sabotase

Patung Usia 50 Tahun di Vihara Petak Sembilan Turut Terbakar

Senin, 2 Maret 2015 — 10:10 WIB

TAMANSARI (Pos Kota) – Sejumlah patung berusia 50 tahun turut ludes terbakar di Vihara Petak Sembila, Glodok, Jakarta Barat, Senin (2/3/2015). Petugas menduga asal api dari lilin, namun demikian, tidak ada unsur sabotase dalam peristiwa tersebut.

Kapolres Jakarta Barat, Kombes Polisi Dr.M Fadhil Imran, menjelaskan tim Puslabfor Mabes Polri¬† mengusut kejadian tersebut. Sejumlah saksi telah diminta keterangan untuk mengungkap penyebab kebakaran sebenarnya. Asal api diduga dari lilin,” kata Fadhil Imran. “Tidak ada unsur sabotase.”

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah rumah dan satu vihara di Petak Sembilan , Glodok, Jakarta Barat, Senin (2/3) subuh terbakar. Beberapa jam kemudian, kobaran api berhasil dijinakkan petugas, setelah puluhan mobil dinas pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

Patung yang terbakar di vihara tersebut, antara lain Patung Kwan Wim yang ditaksir sudah berusia 50 tahun. Sementara korban jiwa tidak ada.

Kebakaran yang memporak-porandakan rumah dan Vihara Dharma Bhakti diketahui sekira Pk 03:40. Puluhan mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi melewati Jalan Kemenangan RT02/02 Kel. Glodok, Jakarta Barat, agak kesulitan karena banyak warga sibuk menyelamatkan mobil mereka yang akan diamankan ke Jalan Gajah Mada dan Toko Tiga Glodok.

Henky Halim SH, satu pengurus Yayasan Vihara Dharma Bakti Petak Sembilan, yang dihubungi via telepon selularnya Senin pagi membenarkan vihara yang pada waktu perayaan Imlek banyak dikunjungi ribuan umat Budha itu musnah dilalap api.

Henky mengatakan, pada malam perayaan Imlek lalu diakui pernah terjadi korsleting listrik sekitar pukul 18:00, tapi dapat diatasi.

(warto/sir)