Wednesday, 24 July 2019

Jumlah Bagan Ikan di Pulau Seribu Menghkawatirkan

Selasa, 3 Maret 2015 — 8:34 WIB
Dokumentasi

Dokumentasi

PULAU SERIBU (Pos Kota) -Bagan ikan di perairan Pulau Cipir Kelurahan Pulau Untung Jawa,  Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, dianggap melebihi kapasitas. Saking banyaknya bagan tersebut sangat mengganggu arus lalulintas kapal yang keluar masuk di pulau pemukinan yang ada di wilayah tersebut.

Atas kondisi ini Pemkot Kepulauan Seribu berencana menatanya. “Yang akan kita prioritaskan untuk kepentingan masyarakat terlebih dahulu, baik dalam hal pencarian ikan dan keselamatan berlalu lintas laut,” kata Bupati Kepulauan Seribu, Tri Djoko Margianto, Senin (2/3)i.

Bahkan pihaknya juga akan meminta Sudin Kelautan dan Pertanian untuk segera turun ke lapangan. Diharapakan bisa mendata bagan ikan tersebut sambil  koordinasi dengan instansi teknis lainnya.

Bupati meminta seluruh masyarakat di Kepulauan Seribu jika  ada satu orang yang memiliki bagan antara  10 hingga 20 bagan supaya dibongkar. Sebab ini bukan sekedar urusan perut lagi tapi sudah terlalu jauh.

“Tak ada pilihan lain, jika satu orang memiliki antara 10 hingga 20 bagan harus dibongkar dan nanti akan kita bicarakan sejauh mana. Biar ada titik temu, karena semua itu ada batasannya, harus disadari antara hak dan kewajibannya,” pungkasnya.

Diakui oleh Bupati memang maraknya bagan di perairan Kepulauan Seribu sangat menganggu arus lalulintas lain. Maka dari itu pihaknya akan berusaha menertiban bagan-bagan yang dianggab sangat menganggu tersebut. (Wandi)