Saturday, 19 August 2017

Jokowi Muncul di Tengah Perayaan Cap Go Meh, Warga Histeris

Kamis, 5 Maret 2015 — 20:19 WIB
Jokowi Cap Go-Meh

BOGOR (Pos Kota) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka perhelatan pesta rakyat Street Festival Cap Go Meh 2015 di Kota Bogor.

Kehadiran Jokowi di panggung utama langsung mendapat sambutan luar biasa dari warga.
Presiden Jokowi yang temani ibu negara Iriana Jokowi datang sekitar pukul 16.20 WIB. Presiden juga datang bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis Baswedan serta Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

Setelah prosesi pembukan dengan berbagai tarian, Preiden secara resmi membuka perayaan Cap Go Meh. Dengan menggunakan bendera putih berlambang Cap Go Meh Presiden membukan arak-arakan pawai.

“Dengan mengucap Bismillah saya buka perayaan Cap Go Meh 2015,” ucap Sang Presiden disambut riuh tepuk tangan penonton.

Arak-arakan pawai kesenian kebudayaan pun langsung bergerak. Diawali dengan marching band Puzdiksi ‎Bogor kemudian dilanjutkan dengan peserta pertunjukan lainnya. Berbagai atraksi kebudayaan seperti atraksi angklung, barongsai dan liong.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) dalam sambutannya mengatakan pesta rakyat ini adalah pesta tahunan. “Tentunya pada sore hari ini sangat istimewa karena dihadiri presiden Jokowi. Ini sebuah kehormatan bagi warga jawa barat,”paparnya.

Di Jawa Barat, lanjut Aher, ada beberapa pesta cap Go meh juga seperti di Bandung, Cirebon dan beberapa wilayah lainnya. “Namun pesta Cap Go Meh terbesar itu berada di Kota Bogor,” tegasnya.
Cap Go Meh adalah pesta budaya, bukan peristiwa agama. Artinya kebudayaan itu milik bersama. ‎Budaya itu netra, universal dan tidak berideologi.

“Insya Allah kehadiran bapak Presiden menjadi berkah untuk masyarakat,” pungkasnya. (yopi)