Tuesday, 25 September 2018

Diplomat Korea Utara Selundupkan Emas 1,4 Juta Dolar AS

Jumat, 6 Maret 2015 — 21:38 WIB
Emas batangan (ilustrasi)

Emas batangan (ilustrasi)

BANGLADESH – Bea Cukai Bangladesh menangkap seorang diplomat Korea Utara yang mencoba menyelundupkan emas senilai sekitar 1,4 juta dollar AS ke negara tersebut.

“Kami menyita emas dalam bentuk batangan dan perhiasan dari Son Young Nam, Sekretaris Kedutaan Besar Korea Utara di Dhaka”, kata Moinul Khan, Jenderal Direktur Intelejen Bea Cukai, dilaporkan Reuters.

Total berat emas tersebut sekitar 27 kg. Sang diplomat dibebaskan tapi Bangladesh akan melakukan tuntutan.

Moinul mengatakan diplomat itu melewati jalur hijau bea cukai di bandara udara internasional Dhaka-Hazrat-Shahjalal menggunakan pesawat Singapore Airlines dari Singapura.

Petugas bea cukai ingin memindai tas bawaan diplomat namun diplomat menolak. “Alasannya, tidak ada yang harus dipindai.” ungkap Najibur Rahman, kepala Badan Keuangan Nasional.

“Kami memberi tahu pada menteri luar negeri dan diplomat tersebut dibebaskan pada hari Jumat sesuai dengan Konvensi Vienna,” kata Najibur.

Beberapa bulan terakhir, kasus penyelundupan emas meningkat terutama dari Dubai. Tapi baru kali ini melibatkan seorang diplomat.

Pemerintah Korea Utara telah diberi tahu. Selanjutnya akan diambil tindakan lebih jauh melalui saluran antarpemerintah. (reuters)